Arti Dan Maksud Angka 108 kPa atau 1.1 Pada Tutup Radiator

Arti Dan Maksud Angka 108 kPa atau 1.1 Pada Tutup Radiator

Arti angka 108 kPa dan 1.1 atau makna angka 108 kpa atau 1.1 pada tutup radiator baik mobil atau pun motor.

Radiator cap atau tutup radiator adalah merupakan bagian dari komponen pada sistem pendingin untuk mesin mobil untuk mengatur tekanan air saat air radiator sudah panas, dari mana tekanan air radiator berasal? Tekanan air radiator berasal dari temperatur air yang meningkat panasnya akibat pembakaran didalam mesin.
Angka pada tutup radiator mobilTutup radiator akan mengalirkan air ke tabung reservoir jika tekanan didalam sistem pendingin mesin melebihi tekanan pada tutup radiator yang biasanya tertulis diatas tutup radiator ada yang menggunakan angka 1.1 atau pun 108 kPa.

Arti angka 108 kPa adalah pada tekanan air radiator 108 kilo Pascal akibat panas mesin maka klep pada tutup radiator membuka dan air radiator akan mengalir ke tabung air cadangan. Tutup radiator 108 kPa memiliki spesifikasi atau toleransi bawah dan atas, yaitu berada disekitar 93,3 kPa hingga 122,7 kPa.

Arti atau maksud angka 1.1 pada tutup radiator adalah air radiator akan mengalir ke tabung reservoir jika tekanan air radiator melebihi atau berada disekitar 1.1 kgf/cm2.tekanan 108 kpa dan 1,1 kgf/cm2Gambar diatas adalah konverter tekanan antara Pascal dan kgf/cm2, 108000 Pascal (108 kPa) sama dengan 1.1 kgf/cm2. Perbandingan atau perbedaan antara tutup radiator 108 kPa dengan tutup radiator 1.1 kgf/cm2 adalah sama saja, cuma satuan ukur yang dipergunakan yang berbeda.

Apa pengaruhnya jika spek tutup radiator tersebut berubah baik oleh karena umur atau yang lain, kerena itu perlu memeriksa tekanan tutup radiator silakan lihat pemeriksaan tekanan tutup radiator, jika lebih cepat membuka jauh sebelum tekanan yang diijinkan akan mengakibatkan sering berkurangnya air radiator.

Dan jika tutup radiator tidak membuka pada tekanan yang diijinkan atau macet bisa mengakibatkan kebocoran pada sistem pendingin atau kerusakan pada radiator, karena terjadi tekanan yang berlebihan di dalam cooling sistem kendaraan.

0 Response to "Arti Dan Maksud Angka 108 kPa atau 1.1 Pada Tutup Radiator"

Post a Comment