-->

Jumat, 28 Oktober 2016

Asik, Ditemukan Lagi Air Terjun Sungai Hitam di Kuansing

TELUK KUANTAN – Satu lagi air terjun nan menawan ditemukan di Kuantan Singingi ( Kuansing ), penemuan ini menambah khazanah negeri jalur ini sebagai daerah yang memiliki banyak air terjun nan menawan di Riau terutama dikawasan hulu sungai Kuantan.

Air terjun baru ini ditemukan Kesatuan Pemangku Hutan Lindung ( KPHL ) Selatan Dinas Kehutanan Kuansing. Air terjun ini dinamai air terjun Sungai Hitam, terletak di desa Kasang kecamatan Kuantan Mudik berjarak lebih kurang satu kilometer dari air terjun Guruh Gemurai yang juga berada di desa Kasang .
Gbr: riausky
Tinggi air terjun tersebut berdasarkan pendataan KHPL Selatan Dishut Kuansing setinggi 30 meter, terdiri dari dua undakan. Posisinya berada di dalam kawasan hutan Lindung Bukit Betabuh. Selain air terjun Sungai Hitam, di kawasan hulu sungai Kuantan masih ada air terjun Batang Koban, air terjun Sungai Kelelawar, air terjun sungai Kandi serta Batang Ogan di kecamatan Hulu Kuantan. Air terjun Guruh Gemurai dan air terjun Dubalang Pati Soni di kecamatan Kuantan Mudik serta air terjun Tangko di kecamatan Pucuk Rantau.

“ Ini akan menambah khazanah dan potensi pariwisata Kuansing kedepannya, apalagi akses air terjun Sungai Hitam tidak terlalu jauh dan mudah ditempuh, apalagi kalau sudah dilakukan penataan akses ke lokasi air terjun ini nantinya,”ujar Kepala KPHL Selatan, Harris, S.Hut kepada kuansing terkini, Kamis ( 27/10/2016 ) siang.

“ Berpotensi besar mendulang pengunjung karena benar-benar berada di dalam hutan tropis nan hijau, asri dan luar biasa keindahan di sekelilingnya,”tambah Harris.

Menurut Harris, lokasi air terjun ini sejauh satu kilometer dari lokasi air terjun Guruh Gemurai kearah Kiliran Jao, sedangkan lokasinya berada di sisi kanan ruas jalan Teluk Kuantan-Kiliran Jao.” Untuk akses masuk sudah ada jalan setapak, KPHL berencana membangun jalan paving block agar akses pengunjung semakin baik,”ujarnya.

“ Jarak dari jalan Teluk Kuantan – Kiliran Jao sekitar satu kilometer, tidak terlalu jauh apalagi nanti kalau sudah diaspal,”ujar Haris menambahkan.

Menurutnya, selain air terjun, panorama alam di sekitarnya juga cukup indah, apalagi bagi pengunjung yang telah mencapai puncak air terjun ini. “ KPHL Selatan saat ini sedang melakukan pendataan objek wisata lain yang ada disekitar air terjun Sungai Hitam agar semakin banyak destinasi wisata tercipta di kawasan hutan lindung Bukit Betabuh, kalau wisata berkembang otomatis kawasan hutan lindung terjaga dari jarahan oknum-oknum tak bertanggung jawab,”ujarnya.
Sourche: kuansingterkini.com



Baca Artikel Terkait: