Bermain Catur dengan Lawan yang Memiliki Rating Lebih Tinggi

Bermain Catur dengan Lawan yang Memiliki Rating Lebih Tinggi

Seorang pemain catur yang memiliki rating lebih rendah terkadang merasa tidak percaya diri saat melawan pecatur yang lebih tinggi ratingnnya. Hal ini membuat kita sudah kalah sebelum bertanding dan kita tau hal tersebut. Lantas bagaimana mengatasinya?
Bermain dengan pecatur yang lebih tinggi ratingnya itu tidak berkaitan dengan apakah kita akan kalah atau dia akan menang :D . Jadi lupakan masalah bagaimana mengalahkan lawan yang lebih kuat. Jangan pikirkan hasil akhirnya. Bermain dengan mereka adalah masalah bagaimana kita belajar dari mereka dan bagaimana kita menerapkan hal-hal yang sudah kita pelajari.

    �Kamu akan belajar lebih banyak dari permainan yang kamu kalah daripada permainan yang kamu menangkan. Kamu akan kalah ratusan kali sebelum akhirnya kamu menjadi pemain catur yang kuat�- Jose Raul Capablanca

JADI HAL YANG PERLU KAMU PERHATIKAN SAAT MELAWAN PEMAIN CATUR YANG LEBIH KUAT YAITU
Pertama kamu perlu menghilangkan pemikiran-pemikiran yang tidak penting. Contohnya:
1. Berhenti memikirkan hasil pertandingan.
2. Berhenti apakah kamu akan bermain baik atau tidak.
3. Jangan posisikan dirimu pada kondisi yang dibawah tekanan dari apapun.
4. Jangan mempersulit dirimu dengan mengkalkulasi perbedaan rating mu dengan lawanmu.
Lakukan hal yang terbaik yang kamu bisa lakukan, dan tetap konsentrasi dengan proses permainan yang sedang berlangsung. Kontrol permainan lawanmu. Cobalah untuk mengerti apa maksud dari tiap-tiap langkah yang lawanmmu mainkan dan rencananya. Carilah cara untuk menggagalkan rencananya dan memaksakan rencanamu hingga berhasil.
Percayalah dengan dirimu sendiri dan tunjukkan semangat bermainmu dan selalu berpikir positif. Fokus untuk belajar dan buatlah kesimpulan yang tepat ketika membuat kesalahan di tiap-tiap permainan.
Ingatlah Beban psikologi pecatur yang lebih kuat ketika melawa pecatur lebih lemah lebih besar. Jadi kondisikan dirimu pada kondisi mental yang lebih baik dengan pemikiran yang lebih fresh.

0 Response to "Bermain Catur dengan Lawan yang Memiliki Rating Lebih Tinggi"

Post a Comment