Cara Bermain Catur dengan Baik

Cara Bermain Catur dengan Baik

Catur merupakan permainan yang kompleks. Sobat perlu kerja keras jika ingin bisa bermain catur dengan baik. Hal ini karena banyak teori dan latihan yang diperlukan untuk dapat bermain catur. Saya harap dengan artikel ini sobat dapat mendapatkan pencerahan bagaimana cara berlatih secara efektif dan mendapatkan hasil yang baik.

Ada banyak hal yang perlu sobat pelajari jika ingin bisa bermain catur dengan baik. Dalam artikel ini saya akan memaparkan cara bermain catur dan dasar-dasar yang harus sobat ketahui. Jika saya ingin merangkumnya maka hal tersebut yaitu Strategi, Pemahaman Posisi, Teknik kalkulasi, Taktik, Permainan Akhir dan Teori Pembukaan. Lalu dasar yang mana yang perlu sobat pelajari terlebih dahulu? Ok, ada seorang GM yang menyarankan untuk mempelajari permainan akhir terlebih dahulu. Namun, hal tersebut bukan berarti sobat hanya perlu belajar permainan akhir dan mengabaikan hal yang lain. Sobat perlu mempelajari prinsip dari pembukaan, strategi permainan tengah dan lain-lain, tetapi tetap memprioritaskan permainan akhir. Sobat mungkin bertanya kenapa permainan akhir? Hal ini karena dalam permainan akhir sobat akan belajar dasar-dasar dari permainan catur dengan hanya menggunakan sedikit buah catur di papan. Hal ini akan memudahkan sobat untuk memahami dan mempelajari catur di kemudian hari.

1. STRATEGI
Saya bisa katakan bahwa ini merupakan dasar permainan catur yang paling menarik. Sobat dapat mempelajari lebih lanjut mengenai strategi dalam catur di artikel saya sebelumnya mengenai Strategi bermain catur.  Strategi dalam catur tidak hanya terdapat pada permainan tengah dan permainan akhir. Sobat perlu menggunakan strategi di pembukaan juga. Hal ini seperti dengan bagaimana menentukan pembukaan yang cocok untuk lawan-lawan tertentu dan lain-lain. Dalam permainan tengah kebanyakan strategi digunakan untuk membuat rencana jangka panjang. Di lain pihak strategi dapat juga digunakan untuk memilih langkah yang bagus. Pada kasus ini sobat perlu menggunakan intuisi berdasarkan kemungkinan taktik, pemahaman posisi dan penglihatan terhadap pola-pola tema. Sobat dapat baik dalam hal ini jika sobat memiliki banyak pengalaman bermain catur, membaca dan menonton anotasi atau komentar dari permainan para master catur.

2. PEMAHAMAN POSISI
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai subjek ini silahkan baca artikel saya mengenai bagaimana bermain posisional ala grandmaster. Pada artikel ini saya mencoba memaparkan bagaimana meningkatkan pemahaman posisi dalam bermain catur. Tentu saja tujuan akhirnya yaitu untuk dapat bermain catur dengan baik. Pemahaman posisi merupakan dasar yang penting untuk dapat menentukan dengan cepat bagaimana cara bermain dalam posisi-posisi tertentu. Jika sobat baik dalam hal ini, maka hal ini akan memudahkan sobat untuk dapat menentukan mana kandidat langkah yang perlu menjadi perhatian dan mana yang tidak. Selain itu juga hal ini akan meningkatkan kemampuan sobat dalam hal managemen waktu.

3. TEKNIK KALKULASI
Ada banyak teknik untuk mengkalkulasi yang dapat kamu pelajari. Saya rasa sobat pernah mendengar atau membaca mengenai kotov system. Sobat dapat mempelajarinya melalui buku catur klasik yang lumayan terkenal "Think Like Grandmaster". Dalam buku ini Kotov menjelaskan bagaimana cara melakukan kalkulasi dengan beberapa aturan yang tidak boleh di langgar. Dalam era catur modern terdapat banyak teknik melakukan kalkulasi yang dapat dipelajari. Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai kalkulasi silahakan baca artikel cara melakukan kalkulasi.

4. TAKTIK, PERMAINAN AKHIR DAN TEORI PEMBUKAAN
Saya sudah memaparkan tentang permainan akhir di bagian awal dari artikel ini. Oleh karena itu saya rasa saya tidak perlu menjelaskannya lebih lanjut. Taktik dan Teori Pembukaan merupakan bagian yang paling mudah dipelajari pada permainan catur. Sobat dapat mempelajari taktik dengan hanya latihan dengan banyak taktikal puzzle di internet. Ada banyak situs yang menyediakan sarana ini secara gratis. Untuk teori pembukaan sobat dapat mempelajari variasi pembukaan yang di khususkan untuk pecatur dengan rating di bawah master. Sobat dapat mempelajari pembukaan catur yang kompleks jika sudah berada pada level master. Hal ini karena sobat belum memerlukan teori opening yang kompleks di turnamen-turnamen yang sobat ikuti. Kebanyakan pemain catur akan menghindari pembukaan catur yang kompleks di turnamennya. Sobat hanya perlu menguasai teori pembukaan catur dengan fokus pada bagian bagaimana mendapatkan posisi yang bagus setelah pembukaan, mengetahui tipikal rencana pada akhir pembukaan, cara menyerang dan bertahan pada pembukaan yang sobat pilih

0 Response to "Cara Bermain Catur dengan Baik"

Post a Comment