-->

Jumat, 13 Januari 2023



Cara Melakukan Kalkulasi Catur Super Akurat

Kalkulasi dalam bermain catur merupakan salah satu elemen dasar yang perlu dikuasai dengan baik oleh para pecinta catur. Hal ini karena dengan dapat mengkalkulasi dengan baik para pemain catur dapat menghindari banyak kesalahan dalam bermain. Selain itu dengan dapat mengkalkulasi lebih baik dari lawan maka ia dapat dengan mudah mendominasi permainan yang berakhir dengan mendapatkan kemenangan.

Kalkulasi menjadi salah satu dasar permainan catur mengaingat bahwa kalkulasi sangat diperlukan untuk dapat mendukung elemen dasar catur yang lain. Salah satu contohnya yaitu taktik, dengan menguasai berbagai macam tema taktik merupakan dasar yang baik untuk dapat bermain catur dengan bagus. Namun demikian tanpa didukung dengan kemampuan dalam melakukan kalkulasi hal ini menjadi percuma.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengkalkulasi yaitu keakuratan. Orang sering salah menilai dengan menilai kemampuan kalkulasi seseorang berdasarkan kedalaman kalkulasi seperti mampu mengkalkulai 5 langkah kedepan, 10 langkah dan lain-lain. Mampu mengkalkulasi sedalam itu tentu merupakan hal yang bagus. Namun demikian jika tidak akurat tentu saja akan membuang-buang waktu saja.

Oleh karena itu saya akan mencoba memberikan penjelasan bagaimana cara melakukan kalkulasi catur secara akurat. Namun sebelum itu mari kita simak beberapa teori mengenai teknik-teknik dalam melakukan kalkulasi. Menurut Aagaard dalam bukunya Grandmaster Preparation : Calculation, ada 8 teknik yang perlu dikuasai ntuk dapat melakukan kalkulasi. Saya akan memaparkannya dengan singkat sebagai pengenalan.

1. CANDIDATE MOVE ATAU KANDIDAT LANGKAH
Kandidat langkah merupakan langkah-langkah yang bisa di jalankan di langkah berikutnya. Lebih jelasnya pernahkan sobat melakukan kesalahan karena tidak melihat langkah balasan dari lawan atau pernah mengalami kesalahan karena kita tidak melangkahkan langkah lain yang lebih bagus. Kesalahan seperti ini seharusnya dapat di atasi, jika sebelum sobat mulai berpikir sobat terlebih dahulu mengidentifikasi kandidat langkah yang mungkin, baik langkah sobat maupun langkah lawan. Silahkan baca artikel bagaimana menganalisa ancaman dalam bermain catur untuk dapat mengeksplor lebih jauh mengenai kandidat langkah.
2. COMBINATIONAL VISION ATAU PENGLIHATAN TERHADAP KOMBINASI
Apa itu kombinasi?, pernahkah mendengar atau membaca smuthered mat, itu merupakan salah satu contoh dari kombinasi. Kombinasi merupakan langkah-langkah yang dilakukan secara berurutan dengan tujuan tertentu. Biasanya suatu kombinasi mengandung sejumlah langkah saling menangkap dan juga mengorbankan buah untuk mendapatkan posisi tertentu. Sangat sulit menemukan langkah kombinasi saat bermain tanpa mengetahui terlebih dahulu pola kombinasinya. Untuk mendapatkan kemampuan kalkulasi yang baik, berlatih dengan menyelesaikan puzzle kombinasi merupakan hal yang sangat di anjurkan.

3. PROPHYLAXIS ATAU KEMAMPUAN MENGANALISA LANGKAH LAWAN
Untuk melakukan kalkulasi dengan tanpa mengikut sertakan cara berpikir lawan sebagai pertimbangan merupakan hal yang sangat salah. Hal ini biasa terjadi saat kita asik melakukan kalkulasi sehingga lupa melihat ide lawan. Namun demikian terlalu fokus dengan ide lawan juga hal yang kurang baik. Hal ini karena dalam bermain catur kita perlu mengambil inisiatif sehingga dapat membuat lawan bermain berdasarkan pola permainan yang kita inginkan. Untuk itu kemampuan propylaxis yang baik dan tepat sangatlah penting untuk dapat mendukung kemampuan kalkulasi.
4. COMPARISON ATAU MEMBANDINGKAN
Untuk dapat memiliki kemampuan yang baik dalam hal ini sobat perlu menguasai cara menilai suatu posisi. Baca cara bermain posisional catur ala grandmaster. Saat melakukan kalkulasi kita akan mendapatkan suatu kondisis dimana kita perlu memilih suatu variasi yang perlu kita jalankan. Oleh karena itu kemampuan dalam membandingkan merupakan hal yang penting untuk dapat melakukan kalkulasi dengan baik.
5. ELIMINATION ATAU ELIMINASI
Eliminasi merupakan salah satu teknik kalkulasi. Teknik ini diperlukan untuk dapat memilih kandidat lengah yang perlu jadi perhatian. Hal ini karena kita tidak mungkin menganalisa semua kandidat langkah saat bermain catur karena membutuhkan waktu yang banyak.
6. INTERMEDIATE MOVES ATAU LANGKAH PERTENGAHAN
Saat menemukan variasi langkah dalam kalkulasi terkadang kita dapat menyisipkan suatu langkah yang menguntungkan tanpa membuat variasi langkah yang kita dapatkan terganggu. Contohnya yaitu dengan melakukan pertukaran buah, sekak untuk memindahkan buah tanpa harus kehilangan tempo dan lain-lain.
7. IMAGINATION ATAU IMAGINASI
Terkadang ada orang yang berpikir bahwa imaginasi merupakan kemampuan alami. Namun sebenarnya, al ini dapat dilatih dengan dengan kerja keras. Latihan kalkulasi merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan kemampuan imajinasi sobat.
8. TRAPS ATAU JEBAKAN
Jebakan merupakan salah satu cara untuk dapat menang dengan mudah. Tentu saja semakin kompleks jebakan maka kemungkinan semakin tidak terlihat adalah semakin besar. Terkadang jebakan juga dapat berlaku di level permainan para grandmaster. Oleh karena itu dengan kita dapat membaca cara berpikir lawan maka kita akan lebih mudah untuk menciptakan jebakan.

Untuk dapat melakukan kalkulasi secara akurat kita perlu mempertimbangkan kandidat langkah balasan lawan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang tidak perlu. Langkah balasan lawan yang perlu diperhatikan meliputi semua langkah-langkah aktif seperti sekak, menangkap dan mengancam. Hal ini karena semua langkah ini harus kita respon.

Kalkulasi merupakan hal yang sangat sulit di kuasai. Kalkulasi memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi dan kecermatan. Oleh karena itu terkadang para pemain catur sering melakukan posisi-posisi tertentu untuk melakukan hal ini. Posisi tersebut seperti memegang dahi, dan lain-lain. Sobat juga dapat meniru hal ini saat bermain catur. Hal-hal yang bekerja pada para grandmaster tentu saja akan bekerja pada kita.

Selain latihan dan kerja keras, berpikir sedikit lebih lama di setiap langkah juga dapat meningkatkan akurasi kalkulasi. Cobalah berpikir sedikit lebih lama walaupun sobat sudah menemukan langkah berikutnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya langkah yang lebih baik yang hanya bisa ditemukan dengan waktu yang lebih lama.

Tips tambahan

kalkulasi langkah aktif terlebih dahulu
kalkulasi hanya yang perlu di kalkulasi
cek lagi urutan langkahnya
akhiri kalkulasi variasi setelah mendapatkan kesimpulan yang jelas
perhatikan apa yang mungkin sobat lewatkan
cek kembali analisa sobat



Baca Artikel Terkait: