-->

Jumat, 13 Januari 2023



Cara memaksimalkan belajar catur dengan komputer

Berikut pertanyaan seorang pecatur dari forum catur di facebook : Bagaimana cara memaximalkan belajar catur lewat komputer/engine canggih?
Dulu saya punya komputer ane persenjatai dengam chessmaster10 th edition dan.chessmaster 9000 dan program catur canggih lainnya.
Yang saya ingin tau pendapat teman-teman di sini yang berpengalaman latihan menggunakan program catur canggih.
Bagaimana cara/metode anda dalam.latihan dengan komputer .
Terimakasih atas perhatiannya.
Salam.

Jawaban seorang master catur :

Untuk pemula chess 9000 bagus, ada tutorial basic intermediate dan advance, dan ada quiz2 nya, klo semua udah selesai dgn hasil baik, bisa lanjutin pakai fritz, rybka, houdini, yg dipelajari analisa partai2 sesuaikan dgn opening, ada juga di chess.com ada tactic, klo gratisan hanya 3 quiz perhari�coba buat rating tactic setinggi mungkin�

download program catur chess master

Enjin catur bukan MAHADEWA yg selalu benar (lha wong Mahadewa jg msh salah jg). Krn sampai saat ini algoritma pemrograman enjin2 catur yg paling canggih sekalipun (spt Stockfish, Houdini, Komodo, Gull, Rybka, dll) MASIH BELUM SEMPURNA. Kecuali buah catur yg tersisa maksimal 7 (tujuh) biji BARULAH KOMPUTER BS MELANGKAH AKURAT 101%. Sdh sangat sering diposting di group ini SEBUAH POSISI CATUR TIDAK BISA DISELESAIKAN DENGAN ENJIN CATUR. Namun demikian, akurasi langkah enjin tentu MASIH JAUH LEBIH TINGGI daripada pecatur manusia kebanyakan. Bukankah begitu?
Pertanyaan (1) : Bagaimana cara memaximalkan belajar catur lewat komputer/engine canggih? Jawab :Ini tidak lepas dengan metode yg kita terapkan dalam berlatih catur. Software catur, ibarat orang pincang adalah merupakan tongkat untuk membantu seseorang berjalan mencapai tujuan. Pertanyaan (2) : Bagaimana cara/metode anda dalam latihan dengan komputer? Jawab : RAHASIA

Saya pakai enjin biasanya hanya ingin mengetahui LANGKAH TERBAIK selanjutnya kita analisa langkah tsb.
latihan catur yang baik,harus ada interaksi emosional secara langsung,nah disini ada pengalaman batin yang sanggup dimemorikan otak secara mendalam.apakah latihan melawan enggine bisa melibatkan emosianal dan sense? apakah enggine menyuguhkan varian langkah tidak terduga?.tentu tidak kan,kesimpulan ane mending latihan ama guru z.,,sambil jalan sambil dijelasin maksud dan tujuan langkahnya.



Baca Artikel Terkait: