-->

Jumat, 13 Januari 2023



Cara Mencari Langkah Terbaik Cepat Saat Bermain Catur

Banyak pemain catur yang mengatakan bahwa ia bisa mencari langkah yang tepat saat menganalisa suatu permainan catur, namun ia tidak bisa melakukan itu saat bermain catur. Jika di beri waktu yang cukup saya yakin tipe pemain seperti ini akan dapat mencari langkah terbaik saat bermain. Masalahnya adalah saat bermain catur kita harus bermain cepat atau kehilangan banyak waktu, terutama saat bermain blitz (catur cepat).
Dalam bermain catur kita dibebani dengan aturan melangkah, prinsip, ide dll. Di lain pihak hal ini sangat membantu kita. Akhirnya ini akan menyulitkan kita karena kita harus mempertimbangkan berbagai macam gagasan sehingga membutuhkan waktu yang sangat banyak. Padahal kita hanya memiliki paling tidak 3 menit waktu berpikir atau justru kurang dari itu.
Oke saatnya ke topik bahasan yang sesungguhnya. saya akan membagikan suatu dasar dari permainan catur. Kamu harus tau kapan untuk mempraktikan hal ini saat bermain. Seorang pemain tangguh akan tau kapan ia harus menggunakan metode ini. Dalam artikel kali ini saya akan membagikan metode itu.
Saatnya kita beranjak ke level yang lebih tinggi. Sebelum mengaplikasikan metode yang lain

Pertama kamu harus tau berapa banyak waktu yang kamu bisa gunakan dalam bermain catur.

Milsalnya 3 menit atau kurang. Hal ini bisa kamu hitung sendiri, misalnya kamu bermain 120 menit dalam 40 langkah. jadi tinggal bagi saja

120 menit / 40 langkah = 3 menit /langkah

Jika kamu bermain blitz game 5 menit berarti kamu harus melangkah 7,5 detik per langkahnya.
Lanjut ke prinsip berikutnya.

Kamu harus tau kapan harus berpikir saat bermain catur dan kapan harus melangkah dengan cepat

Ada empat prinsip dalam melakukan hal ini, hal tersebut yaitu:

1. Saat opening atau pembukaan kamu harus melangkah dengan cepat

Opening merupakan saat yang paling mudah di lalui dalam bermain catur. Kamu harus mengetahui prinsip-prinsip utama dalam opening. Jika kamu sudah mempelajari ini kamu akan mudah melaluinya. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengembangkan buah catur kamu dan menempati posisi-posisi tertentu.
Intinya adalah kamu harus menggunakan sedikit waktu dalam opening dan menyimpan waktu itu untuk stage berikutnya. Hal ini adalah pilihan yang cerdas dari pada kamu harus melakukan blunder saat middle game atau end game karena kekurangan waktu.

2. Di akhir opening kamu perlu menggunakan waktu mu untuk berpikir dan mengatur suatu rencana

Kebanyakan pemain catur sudah mendengar hal ini, namun tetap ada juga yang tidak mengikuti saran ini. Intinya adalah

Jika kamu memiliki rencana yang baik kamu akan bermain cepat. Dan jika tidak memiliki rencana kamu akan bermain lambat dengan terus berpikir di setiap langkahnya.

Ayo coba kita analisa salah satu contoh:

Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat dalam Bermain Catur

Rencana putih yaitu mencoba menyerang bidak lemah di d6. Putih melakukannya dengan meletakkan gajah di diagonal c3 dan menggandakan benteng di d file. Mungkin perlu waktu untuk mendapatkan ide ini.

Saat kita sudah memiliki suatu rencana kita akan dapat melangkah lebih cepat.

Coba kita ikuti bagaimana putih melakukan itu



2. Kamu harus mengkalkulasi variasi langkah di tactical posisi dan berpikir secara general atau umum di strategical posisi

Pemain catur modern biasanya selalu memikirkan variasi langkah di setiap posisi. Ini akan memakan banyak waktu untuk melakukannya. Akan lebih bijak jika kita hanya mengkalkulasi di taktikal posisi.

One of the biggest problems that plagues modern chess players is that they always calculate variations. It takes a lot of time and effort to do this, and often it doesn't help to find the best move.
Therefore you should focus your attention on calculation only in tactical positions.(Smirnov, I GM, 2011)

Masalahnya adalah apa yang di maksud dengan taktikal posisi

Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat dalam Bermain Catur

Posisi di atas bukanlah taktikal posisi. Tidak ada area yang diserang dan semua buah catur dalam keadaan yang santai dan damai :) . Kamu tidak perlu berpikir keras di posisi ini. Kamu hanya perlu memikirkan rencana, manuver dll. Jadi langkah selanjutnya adalah 23�Na7 24.Qd1-Nb5 25.Ra2-h6 26.g3

Kemudian hitam merespon dengan 26�Ng5

Bagaimana Cara Mencari Langkah Terbaik dengan Cepat dalam Bermain Catur
Sekarang posisi menjadi taktikal posisi.
Jadi kapan posisi menjadi taktikal posisi

Kamu harus memulai kalkulasi saat terjadi kontak antara buah caturmu dengan lawan atau kamu mencoba membuat kontak dengan buah catur lawanmu

Di saat seperti ini kamu perlu mengkalkulasi langkah untuk mencari langkah terbaik dan bukan langkah yang biasa-biasa saja.

4. Saat posisi mu akan kalah atau menang kamu harus berpikir lebih lama

Saya pikir mungkin hampir semua pemain catur pernah mengalami ini. Saat kita merasa pada posisi yang akan menang kita mengabaikan kalkulasi dan justru berakibat pada blunder, dan berakibat menjadi kekalahan.



Baca Artikel Terkait: