Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Setiap malam, hampir semua manusia di bumi ini menggunakan sebuah temuan ilmu pengetahuan yang kita sebut sebagai listrik. Ilmu Kelistrikan dikenal juga sebagai elektronika. Di perguruan tinggi, jurusan kuliah yang membahas tentang kelistrikan ini adalah jurusan teknik elektro.

Bicara tentang Teknik Elektro, maka pikiran kita akan langsung berpikir tentang listrik arus kuat arus lemah atau listrik searah dan bolak-balik. Pemikiran tersebut tidak salah sama sekali, hanya saja pada saat ini bidang elektronika tidak lagi sederhana seperti pada masa lalu.

Secara lebih luas, Jurusan Teknik Elektro adalah bidang ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Cakupan bidang Teknik Elektro sangat luas, mencakup hampir seluruh bidang yang berhubungan dengan pemanfaatan listrik dan teknologi yang berhubungan.

Teknik Elektro dengan bidang bahasan yang sangat luas dapat dipecah menjadi berbagai konsentrasi, diantaranya teknik telekomunikasi, teknik listrik, teknik kendali, teknik instrumentasi, teknik komputer dan teknik elektronika. Selain berfokus pada bidangnya sendiri, Teknik Elektro juga dapat disinergikan dengan bidang ilmu lainnya, seperti elektromedis (sinergi dengan Kedokteran), instalasi listrik untuk bangunan (sinergi dengan Teknik Sipil), dan sebagainya.

Prospek Kerja

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuka peluang yang semakin luas untuk lulusan jurusan teknik elektro. Saat ini semakin banyak dibutuhkan lulusan jurusan ini untuk mengisi posisi-posisi penting yang memerlukan keterampilan di bidang elektronika. Beberapa profesi yang dapat di kerjakan oleh lulusan teknik elektro misalnya: teknisi telekomunikasi; teknisi radar, sonar dan navigasi; teknisi frekuensi radio dan microwave, teknisi selular, teknisi network system dan masih banyak lainnya.

Untuk bidang-bidang kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan teknik elektro, dapat dijabarkan secara ringkas sebagai berikut:

Tenaga Pendidik

Lulusan jurusan teknik elektro bisa memiliki peluang untuk menjadi tenaga pendidik seperti Guru SMK jurusan Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri. Lulusan teknik elektro juga bisa menjadi dosen pada jurusan yang sama, namun untuk menjadi dosen lulusan teknik elektro harus melanjutkan studinya ke jenjang  magister.

Pegawai Negeri

Peluang kerja sebagai pegawai negeri sipil bagi lulusan jurusan teknik elektro adalah di bidang energi dan sumber daya mineral, yaitu di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Badan Usaha Milik Negara

Lulusan dari jurusan Teknik Elektro dapat bekerja di badan-badan usaha milik negara yang utamanya berhubungan dengan energi dan telekomunikasi, yaitu Perusahaan Listrik Negara, Indonesia Power, Pertamina Geothermal,  PT Telkom, Terkomsel dan lain-lain

Sektor Swasta

Peluang kerja bagi lulusan teknik elektro di sektro swasa sangat luas, terutama yang berhubungan dengan telekomukasi. Beberapa perusahaan swasta yang relatif prospektif bagi lulusan teknik elektro misalnya telkomsel, indosat, kominfo, telkom, xl axiata, huawei, zte dan lain-lain. Lulusan teknik elektro juga dapat bekerja di perusahaan bebasis pengembangan komputer baik software dan hardware.

Sektor swasta yang menawarkan gaji yang sangat besar untuk lulusan teknik elektro adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, perminyakan, pembangkit listrik seperti chevron, exxon dan lain-lain.

Wirausaha mandiri

Bekerja secara mandiri juga merupakan pilihan yang sangat relevan bagi lulusan teknik elektro karena mereka dibekali kemampuan untuk berhadapan langsung dengan masalah kelistrikan. Untuk usaha mandiri, lulusan jurusan ini dapat menjadi Instruktur atau tutor Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Instalasi Listrik, Audio Video, Elektronika Industri, Tutor/Fasilitator Ketenagalistrikan/Energi Listrik, Instalasi Listrik. Bisa juga dengan membuka usaha jasa service perbaikan peralatan elektronika.

Demikianlah sedikit gambaran tentang prospek kerja jurusan teknik elektro semoga bisa menambah sedikit informasi untuk teman-teman yang sedang mencari dan akan memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi.

0 Response to "Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro "

Post a Comment