Trik Pintar Bermain Catur Paling Jitu

Trik Pintar Bermain Catur

Tak banyak orang yang menyukai permainan catur. Kebanyakan dari mereka mempunyai anggapan bahwa permainan ini adalah untuk orang yang serius dan pintar saja. Untuk orang yang tidak terkategori dalam dua tipe ini tentu merasa tak cocok untuk bermain catur. Dalam bermain catur yang kita butuhkan adalah sebuah papan catur. Papan catur ini berbentuk persegi dengan memiliki mptif hitam putih persegi di dalamnya. Untuk bermain catur dibutuhkan dua orang. Masing-masing orang memegang buah catur atau disebut juga dengan bidak atau pion. Satu orang menjalankan pion berwarna putih dan orang yang lain menjalankan pion berwarna hitam.

Masing-masing pion memiliki cara dalam melangkah yang berbeda-beda. Kemenangan dalam bermain catur diperoleh jika raja dari lawan terdesak sampai ia tak bisa berjalan lagi. Namun ada kalanya pemain mengalami remis atau kedua pemain berada dalam posisi yang sama atau seri. Hal ini terjadi bila masing-masing raja terdesak dan tak dapat berjalan lagi.Perlu trik bermain catur yang jitu agar tidak terjadi remis. Cara berjalan dari masing-masing pion ini dapat menentukan trik bermain catur dari masing-masing pemain. Untuk mendapatkan trik bermain catur yang baik, kita harus semakin banyak berlatih bermain catur. Bermain catur bisa menjadi hobi kita. Bermain catur juga bisa kita jadikan aktivitas pilihan kita dalam mengisi waktu luang. Bagi pemula, bermain catur mungkin akan terkesan rumit dan sulit untuk dimainkan. Ia pun akan sulit sekali untuk memiliki trik bermain catur yang handal. Namun setelah kita mengetahui bagaimana trik bermain catur, maka anggapan seperti ini akan hilang dan kita akan mulai untuk menyukai permainan catur. Dalam bermain catur, hal pertama yang harus kita kuasai adalah kita benar-benar mengerti dan memahami bagaimana menggerakkan setiap pion kita.

Berikut adalah beberapa trik bermain catur yang dapat diterapkan bagi para pemain pemula :

Memahami Cara Menggerakkan Masing-Masing Pion

Trik bermain catur yang harus kita kuasai jika ingin bermain catur adalah mengetahui cara menjalankan masing-masing pion. Karena masing-masing pion dalam permainan catur memiliki cara berjalan yang berbeda. Pion-pion dalam permainan catur diletakkan dalam dua baris terbelakang dari  papan catur. Baris pertama diisi oleh sepuluh pion prajurit sebanyak delapan buah sedangkan baris kedua diisi oleh beberapa pion yang berbeda seperti dua buah pion benteng, dua buah pion kuda, dua buah pion gajah yang masing-masing berada di kotak hitam dan kotak putih, satu pion raja dan satu ratu. Masing-masing dari pion ini memiliki cara berjalan yang berbeda-beda.

Berikut adalah cara menjalankan masing-masing pion dalam permainan catur:

Pion prajurit. Pion ini terletak di bagian baris kedua dari belakang. Pion ini disebut sebagai pion prajurit karena memang posisinya seakan-akan adalah prajurit yang melindungi pion ang ada di belakangnya. Pion prajurit ini dapat berjalan satu langkah ke depan dan ke samping. Dengan berjalan seperti inilah pion ini dapat memakan pion lainnya.
Pion benteng. Pion ini terletak di sudut luar baris terbelakang. Ia dapat berjalan secara lurus ke depan dan ke samping. Ia tak dapat berjalan secara  menyamping.
Pion kuda. Pion kuda initerletak di samping pion benteng. Pion ini memiliki cara berjalan yang sedikit berbeda dibandingkan cara berjalan pion-pion yang lain. Cara berjalan pion kuda ini banyak disebut dengan �letter L� karena memang cara berjalannya seperti huruf capital L yaitu tiga langkah ke depan lalu dua langkah ke samping.
Pion gajah. Pion gajah ini terletak di samping pion kuda. Pion ini memiliki cara berjalan menyamping. Pion gajah yang terletak di kotak hitam memiliki cara berjalan menyamping di sepanjang kotak hitam. Sedangkan pion gajah yang terletak di kotak putih memiliki cara berjalan menyamping di sepanjang kotak putih.
Pion ratu atau juga disebut dengan ster. Pion ini dapat berjalan dengan banyak cara, menyamping ke kanan atau ke kiri, ke depan, ke belakang. Cara berjalan ini dengan banyak langkah atau pun hanya satu langkah satu. Karena kemampuan pion ratu ini dalam berjalan ke segala arah maka pion ratu inilah yang sangat berperan dalam memakan pion-pion lawan. Jika pion ratu ini telah termakan oleh pion lawan maka seakan-akan separuh nyawa dari pemain catur ini telah habis. Oleh karena itu, setiap pemain berusaha sekuatnya untuk mempertahankan pion ratu ini.

Pion raja. Pion raja ini hanya dapat berjalan satu langkah ke depan, ke belakang dan juga ke samping kanan atau ke samping kiri. Pion raja ini adalah kunci kemenangan dalam permainan catur. Pion raja ini tak boleh dan tak bisa untuk dimakan. Jika pion raja ini sudah terdesak dan tak punya ruang lagi untuk bergerak maka pada posisi inilah dapat dikatakan bahwa salah satu pemain catur telah memenangkan permainan.

Trik dan Perencanaan
Apapun langkah yang diambil seorang pemain, harus memiliki perencanaan yang matang dalam mengarahkan pion-pion di atas papan catur. Namun harus tetap fleksibel dan siap mengganti strategi jika lawan menjalankan taktik tak terduga. Jangan membuat terlalu banyak rencana, karena dalam permainan catur, apapun bisa terjadi. Jika ingin memenangkan sebuah permainan catur, seorang pemain harus menguasai trik bermain catur. Setiap gerakan atau langkah pion harus diperhitungkan dengan seksama.

Tujuan. Untuk membuat sebuah perencanaan, pemain harus tahu apa yang ingin dicapainya. Meski begitu, perencanaan yang dibuat seorang pemain tergantung pula dari permainan catur itu sendiri.
Tempo permainan. Jumlah langkah yang harus diambil untuk mencapai satu tujuan tertentu harus juga diperhitungkan. Tempo permainan seorang pemain harus tepat. Jika seorang pemain membuang-buang langkah pion, maka pemain tersebut kehilangan temponya.
Posisi. Cara menentukan posisi seorang pemain adalah dengan menghitung jumlah kotak yang dikuasai pion.
Kelemahan lawan. Salah satu trik memenangkan permainan adalah dengan mengetahui kelemahan lawan. Misalnya, dengan cara memakan pion yang tidak di jaga atau bahkan menghajar raja yang tidak dilindungi pion lain.

Selain mempelajari trik bermain catur, ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam permainan catur :

a. Boleh :
Cari target yang mudah dilemahkan.
Kita memang harus benar-benar jeli untuk melihat ini. Karena dengan semakin banyak pion yang dapat kita makan maka akan semakin terbuka kesempatan kita untuk menang.
Ralat kelemahan posisi pion kita secepat mungkin.
Kita memang harus segera melakukan ini jika tidak maka pion kita akan dimakan oleh pion lawan.
Jika tidak ada target yang bisa dilemahkan, coba untuk menguasai sebanyak mungkin area pada papan catur.

b. Tidak boleh:
Melanjutkan sebuah rencana jika tidak mungkin diteruskan. Harus fleksibel.
Kita memang harus menyiapkan lebih dari satu rencana. Jika satu rencana tidak dapat kita jalankan maka kita tidak boleh berkutat dengan rencana itu. Kita harus beralih ke rencana lainnya agar kemenangan dapat kita raih.
Jangan memiliki rencana untuk mengagalkan strategi lawan. Buat rencana sendiri!

Tehnik Defensive

Salah satu cara terbaik untuk memenangkan permainan catur adalah dengan berinisiatif dan menjadi penyerang. Namun ada pula saatnya seorang pemain memiliki trik bermain catur dengan defensive jika diserang lawan.

Jika hal tersebut terjadi:
Jangan sampai pion kita dipojokkan.
Hati-hati pada serangan ksatria, karena gerakan ksatria yang luwes kadang sulit di prediksi.

Jika terkena jebakan lawan, ada dua hal yang dapat dilakukan:
Alihkan perhatian lawan dengan menyerang pion mereka di sisi lain papan catur
Pindahkan pion yang terkena jebakan tersebut ke tempat lain. Mungkin dengan demikian ada pion lain yang terancam lawan. Oleh karena itu, pindahkan pion yang terancam tadi ke tempat yang tidak terlalu jauh dari pion kedua, agar masih tetap dapat melindungi pion tersebut.

Trik bermain catur untuk pemula memang haruslah dikuasai dengan benar agar pemain pemula dapat bermain catur dengan baik. Sehingga nantinya pemain pemula ini dapat lebih bersemangat lagi dalam bermain catur dan tak merasa enggan untuk bermain catur. Silahkan mencoba trik bermain catur ini dan lanjutkan di permainan catur bersama lawanmu.

0 Response to "Trik Pintar Bermain Catur Paling Jitu "

Post a Comment