Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Kamu

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Kamu

Setiap ponsel Android yang kita gunakan pasti memiliki aplikasi yang disediakan oleh vendor (aplikasi bawaan), namun banyak juga aplikasi tersebut yang tidak terlalu berfungsi atau tidak anda butuhkan. Hal tersebut hanya akan membuat kinerja ponsel serta ruang penyimpanan yang terbuang. Maka dari itu lebih baik dihapus saja aplikasi yang tidak digunakan tersebut. Tapi bagaimana caranya? Seperti yang kita ketahui jika ponsel yang belum di Roottidak akan bisa untuk menghapus aplikasi bawaan, namun bisa meringankannya. Mau tau caranya? Simak dibawah ini.

Hampir semua ponsel Android dari brand-brand terkenal seperti Samsung, Sony, Asus, dan lain sebagainya memiliki banyak sekali aplikasi bawaan ketika kita pertama kali membelinya. Jika ponsel baru sudah pasti ponsel tersebut dalam keadaan belum di Root, namun ada solusinya agar kinerja ponsel anda tetap maksimal dan mengurangi penggunaan ruang penyimpanan.

NO ROOT
Sudah pasti jika ponsel anda belum di Root tidak akan bisa menghapus aplikasi bawaan,melainkan hanya bisa menyembunyikannya dan tidak di jalankan sehingga tidak memakan kinerja android tapi hanya memakan ruang penyimpanan saja.

Jadi ini menjadi alternatif lain untuk menghilangkan aplikasi bawaan Asus yang belum di root hpnya, bisa menggunakan cara di bawah ini agar tidak lemot akibat Berjalannya Aplikasi Bawaan:

Untuk android dibawah KitKat anda bisa menggunakan Aplikasi Drawer, kemudian pilih menu dan cari aplikasi yang ingin anda sembunyikan dan tidak di kerjakan, kemudian pilih Hide Applications -> Done.

Untuk perangkat yang KitKat, silahkan anda masuk ke Setting/Pengaturan -> Device/Perangkat -> Apps/Aplikasi. Kemudian cari aplikasi yang ingin anda hapus dan paksa berhenti, dengan menyentuh pilihan "Force Stop".

ROOT
Jika ponsel anda sudah di Root, seperti yang kita ketahui bahwa fungsi Root agar kita bisa mengakses semua system yang ada pada ponsel Android karena system Android bersifat (Open Source). Jadi salah satunya fungsinya juga bisa menghapus aplikasi bawaan yaitu dengan cara menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Pertama: No Bloat 
Dalam artikel kali ini kita akan mencoba pada 2 aplikasi. Aplikasi yang dimaksud pertama adalah No Bloat. Sebelumnya download dulu aplikasi No Bloat melalui link dibawah ini. Aplikasi ini sangat menarik karena memiliki fitur  backup, jadi jika anda tidak ingin menghapusnya anda bisa melakukan backup aplikasi bawaan tersebut sewaktu-waktu dibutuhkan kembali. Namun jika sudah terlanjur terhapus karena tidak menggunakan aplikasi ini, anda bisa membaca artikel dibawah ini untuk mengembalikkannya.


Cara Penggunaan Aplikasi No Bloat: 
Pertama download dan install aplikasi No Bloat melalui link diatasIzinkan jika diminta SuperUserBuka aplikasi No Bloat, Pilih system apps kemudian cari aplikasi yang ingin anda hapus dari system Android. Caranya: Pilih Aplikasi -> Pilih Backup and Delete atau Delete Without Backup.Selesai. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara Kedua: System Application Remover 
Jika cara pertama gagal atau anda kesulitan memakai aplikasi tersebut, tenang saja kita akan menggunakan aplikasi lainnya. System Application Remover ini memiliki fungsi yang sama, namun tidak ada fitur Backup. Jadi anda hanya bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut dan tidak akan bisa dikembalikkan kembali. Sebelumnya download terlebih dahulu aplikasinya dibawah ini. 
Cara Penggunaan Aplikasi System Application Remover:

Install aplikasi System Aplication Manager.Buka aplikasinya.Pilih System Apps.Cari aplikasi yang ingin anda hapus, Kemudian centang dan Uninstall.Done.


Sourche: kabarandroid.com

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Pada Android Kamu "

Post a Comment