Fakta Unik Pendidikan di Jepang, Patut Kita Contoh di Indonesia

Fakta Unik Pendidikan di Jepang, Patut Kita Contoh di Indonesia

Afdhalilahi.com –Memang tidak bisa dipungkiri jika kemajuan suatu negara itu sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikannya.

Jika kamu tidak percaya kamu bisa melihat negara Jepang. Negara ini terkenal dengan  sangat disiplin, pekerja keras, dan juga mandiri. Semua itu ternyata terbentuk dari kualitas pendidikannya.

Nah, berikut ini ada lima fakta tentang pendidikan di Jepang, yang bikin kamu kagum mengetahuinya.

Seperti dilansir Liputan6.com, berikut ulasannya.

1. Tidak ada ujian dalam 3 tahun pertama sekolah

Tidak adanya ujian dalam 3 tahun pertama sekolah. Ujian akan diadakan saat menginjak kelas 4. Ini dilakukan karena orang Jepang lebih menghargai perilaku baik dari pada nilai.

Anak-anak akan dituntut untuk membangun karakter terlebih dahulu dan harus bisa menunjukan rasa hormat ke  sesama siswa dan juga para guru.

2. Tidak ada tukang bersih-bersih, siswa yang bertugas membersihkan lingkungan sekolah

Tidak ada tukang bersih-bersih sekolah. Siswa yang akan bertugas membersihkan lingkungan sekolah. Hal ini untuk mengajarkan siswa bekerja sama, berbagi tanggung jawab, dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap fasilitas sekolah.

3. Siswa memakan makanan sama secara teratur

Siswa diajarkan untuk memakan makanan sama secara teratur kecuali siswa yang memiliki alergi. Menunya akan disusun oleh koki dan ahli gizi profesional. Menu makan siang di sekolah seringnya terdiri dari bahan makanan lokal yang segar. Uniknya, para guru ikut makan siang bersama siswa.

4. Seni adalah mata pelajaran utama

Seni adalah mata pelajaran utama di Jepang. Siswa akan diajarkan seni tradisional seperti Shodo (seni menulis indah atau kaligrafi Jepang) dan Haiku (salah satu jenis puisi).  Ini bertujuan agar siswa menghargai budaya tradisional.

5. Baju, sepatu, bahkan tas harus seragam

Baju, sepatu dan tas diharuskan seragam. Tidak ada standar baku tentang bentuk seragamnya, tetapi secara garis besar berupa baju hitam untuk siswa laki-laki, dan baju sailor dengan rok untuk siswa perempuan dengan potongan sederhana.

Hal ini bertujuan agar siswa merasa menjadi bagian satu sama lain, dan tidak mengurusi tentang penampilan sehingga lebih fokus ke pelajaran saja.

Bagaiaman menurut kamu ? Hebat banget kan pendidikan di Jepang.
Sourche: palingseru.com

0 Response to "Fakta Unik Pendidikan di Jepang, Patut Kita Contoh di Indonesia"

Post a Comment