-->

Rabu, 18 Januari 2023

Hindari 7 Kesalahan Ngecas Hp yang Bikin Ponsel Kamu Rusak


gbr: Tribunnews

 Kamu pasti sering merasa kenapa smartphone jaman sekarang cepat sekali rusaknya. Kebanyakan orang biasanya malah menyalahkan produk. Padahal kesalahan terbanyak itu berada pada si pemilik smartphone loh.

Pasalnya kerusakan smartphone sebagian besar dikarenakan pemakaian yang sangat ceroboh dan tidak benar. Salah satunya adalah cara dalam pengecasan smartphone.

Orang-orang sering tak sadar jika kerusakan smartphone mereka karena kesalahan mereka dalam mencharger smartphone mereka.

Jadi, sebagian orang berpikir jika ngecharge smartphone itu adalah hal yang sangat simple. Padahal butuh ketelitian dan dengan cara yang tepat loh. Jika tidak ya dampaknya bisa pada kerusakan smartphone kamu.

Seperti ke tujuh kesalahan cara ngecharge ini yang mesti kamu ketahui. Apa saja itu ? Simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Brilio.net.

1. Ngecas HP hingga 100%

Pasti kamu atau kebanyakan pengguna smartphone meyakini jika mengisi baterai ponsel harus hingga 100%. Padahal hal itu salah loh. Para ahli menyarankan agar mengisi baterai ponsel hanya dalam30% hingga 80% saja. Karena muatan penuh hingga 100% akan memberikan daya yang berlebihan saat gadgetmu digunakan.

2. Membiarkan HP mati karena kehabisan baterai.

Kamu sering sekali kan membiarkan smartphone kamu mati karena kehabisan baterai. Kebiasaan ini bisa merusak ponsel kamu loh. Sebab, membiarkan ponsel sampai mati total akan membuat  ion lithium dalam baterai mudah menguap dan rusak.

3. Ngecas HP dekat elektronik lainnya yang panas.

Mengecas ponsel sebaiknya tidak dilakukan dekat dengan eletronik lainnya yang panas seperti  kulkas, televisi atau laptop yang menimbulkan panas dalam waktu lama.

4. Menggunakan power bank terlalu sering.

Sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan power bank untuk membantu mengisi daya ponsel kamu. Gunakan saja power bank pada keadaan mendesak.

5. Ngecharge HP tanpa melapas dulu casing pelindung.

Kesalahan ini sangat sering dilakukan oleh banyak pengguna smartphone. Mengecas ponsel ternyata harus melepas ponsel kamu dari casing pelindungnya terlebih dahulu. Ini karena agar panas pada sisi bawah ponsel tidak tertahan oleh casingnya.

6. Membackup data sampil ngecharge.

Jika kamu menggunakan aplikasi khusus untuk membackup data, pastikan saat lagi ngecas aplikasi tersebut tidak sedang digunakan ya.

7. Menggunakan charger palsu.

Menggunakan charger palsu itu bukanlah pilihan yang terbaik. Karena menggunakan charger palsu akan merusak ponsel kamu  secara berlahan.

Itulah dia ke tujuh kesalahan dalam mencharger ponsel yang sering dilakukan.
Sourche: palingseru.com




Baca Artikel Terkait: