Jurus Menghafal Al-Qur’an Fatih Seferagic untuk Pemuda Indonesia

7 Jurus Menghafal Al-Qur’an Fatih Seferagic untuk Pemuda Indonesia

Penghafal Al-Qur’an internasional, Fatih Seferagic, hari ini, Jumat (11/11/2016) hadir di Indonesia tepatnya di Masjid Ukhuwah Islamiyah, Universitas Indonesia (UI), Depok.
Dalam acara yang dikemas pop itu Fatih ditemani oleh pemain film Hamas Syahid. Acara yang dihadiri oleh mayoritas para akhwat (mahasiswi) itu, Fatih berbagi bocoran tentang bagaimana menghafal dengan baik. Berikut bocorannya:
1. Dalam metode menghafal Al-Quran yang paling penting adalah mencari guru agar bisa eksplor kekuatan dan kelemahan murid. Sebenarnya metode penghafalan Al-Qur’an ini unik, berbeda ke tiap orang.
Maka Fatih betul-betul menekankan bahwa kemampuan guru dalam mengeksplor potensi murid sangat besar pengaruhnya. Guru yang baik harus bisa merancang target yang menantang tapi sesuai kemampuan unik tiap murid sehingga murid tidak frustasi.
2. Dua faktor utama dalam proses menghafal adalah konsistensi dan kesabaran. Kecepatan tiap orang berbeda-beda jadi jangan terlalu terbebani dengan target hafal berapa juz dalam sekian tahun. Jangan memaksa di awal (terlalu diforsir) karena bisa kehabisan bensin kesabaran. Yang penting ada progres tiap hari. Sedikit demi sedikit.
4.  Bagi, surat favoritnya adalah surah Yusuf. Selain isinya dalam juga ia surat pertama yang dihafalkan. Fatih mulai menghafal umur 9 dan hafidz 30 juz umur 14 tahun. Ia menekankan agar kita punya surat favorit.
5. Peran lingkungan sangat penting untuk menjaga hafalan. Sehingga kita akan terpacu juga untuk selalu berbuat shalih. Catat: ayah Fatih seorang hafidz 30 juz.
6. Fatih lahir di Jerman, pindah ke USA umur 4 tahun. Sekarang umur 21 tahun dengan visi ke depan ingin berkontribusi untuk dunia yang lebih baik dengan membuatnya lebih damai melalui memasyarakatkan Al-Qur’an. Oleh sebab itu, makin muda usia makin bagus untuk menghafal.
7. Fatih berpesan agar hafalan harus diulang tiap hari. Supaya cepat hafal, jangan melulu menghafal melainkan perbanyak juga tilawah. Minimal tilawah 2 juz/hari.[Sourche: Paramuda/BersamaDakwah]
Terima kasih kepada Pak Adzan Rio atas informasinya.

0 Response to " Jurus Menghafal Al-Qur’an Fatih Seferagic untuk Pemuda Indonesia"

Post a Comment