-->

Senin, 28 November 2016

MACAM-MACAM MAJAS
Macam-macam majas - Majas merupakan gaya bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai jenis karya sastra, terutama dalam prosa dan puisi. Penggunaan majas pada sebuah tuturan memang sangat membantu dalam menimbulkan efek-efek dan kesan tertentu yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara. Dalam berbagai situasi kita bisa memanfaatkan gaya bahasa untuk menambah nilai rasa sebuah ujaran. Majas juga bisa digunakan untuk menyalurkan berbagai emosi yang ada dalam jiwa kita.
Dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa jenis majas yang sering digunakan. Untuk pengelompokannya sendiri, meliputi :
1. Majas Perbandingan
2. Majas Pertentangan
3. Majas Perumpamaan
4. Majas Pertautan

Hasil gambar untuk macam macam majas
gbr:lahiya.com
Kelompok majas-majas di atas masih dibagi lagi menjadi jenis-jenis gaya bahasa yang lebih spesifik lagi, nanti akan kita bahas satu persatu.
1. Jenis-jenis majas perbandingan
Majas perbandingan memiliki banyak jenis, namun hanya beberapa saja yang akan kita bahas di sini. Sebelum kita membahas jenis majas perbandingan, terlebih dahulu kita harus memahami pengetian majas perbandingan.
Majas perbandingan adalah majas yang menyatakan perbandingan untuk meningkatkan kesan dari sebuah ucapan atau kaimat. Jenis-jenis majas perbandingan ini adalah sebagai berikut :
a. Majas Perumpamaan
Majas ini disebut juga majas asosiasi, yaitu majas yang menggunakan dua hal yang sebenarnya berbeda, tetapi sengaja dianggap sama. Majas ini biasanya menggunakan penanda, seperti bagai, bagaikan, seperti, laksana, dan seumpama.
Contoh :
- Kemauannya keras bagaikan batu
- Kata-katanya pedas laksana sambal
b. Majas Alegori
Majas metafora adalah majas yang mengungkapkan dengan cara lain, seperti kiasan atau penggambaran
Contoh :
- Hidup itu ibarat garis lurus, yang semakin mendekat ke titik terakhir
c. Majas Personifikasi
Majas personifikasi adalahmajas yang menyatakan benda mati seperti bisa melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh manusia.
Contoh :
- Nyiur melambai menyapaku dari lamunan
- Angin membelai rambutku
d. Majas Metafora
e. Majas Simbolik
f. Majas Metonomia
2. Majas Pertentangan
3. Majas Perumpamaan
4. Majas Pertautan



Baca Artikel Terkait: