Perbedaan Flora di Indonesia Bagian Barat dengan Timur (Lengkap)

Perbedaan Flora di Indonesia Bagian Barat dengan Timur (Lengkap)

Perbedaan Flora di Indonesia Bagian Barat dengan Timur (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini Ensiklopediasli akan membahasperbedaan flora indonesia bagian timur dan indonesia bagian barat. Adapaun yang kita bahas adalah mengenai karakteristiknya dan ciri-cirinya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita harus mengetahui dulu apa itu flora? Flora adalah segala jenis tumbuhan serta tanaman yang ada di muka bumi ini. Di negara kita ini, Indonesia memiliki berbagai jenis-jenis flora, baik dari bagian baratnya hingga ke bagian timur.

Kata flora berasal dari bahasa latin yaitu nama dewi pelindung bunga serta taman dan dewi kesuburan dalam mitologi Romawi.

Berikut ini adalah perbedaan flora di Indonesia bagian barat dengan indonesia bagian timur (Lengkap).




Perbedaan Flora di Indonesia 

Karakteristik flora di Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian barat juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian timur dan Indonesia bagian barat.

Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan hayati Indonesia dibagi atas dua kelompok. yaitu Indo Malayan dan Indo Australian. Daerah peralihannya ditandai dengan garis Wallace dan garis Lydekker.

Kelompok Indo Malayan meliputi tanaman yang ada di Indonesia bagian barat, sepertiSumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali.Sedangkan kelompok Indo Australian meliputi tanaman yang ada di Indonesia bagian timur, seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Berikut ini perbedaan karakteristik flora di Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian Timur :

Ciri-ciri Flora di Indonesia bagian barat :

Banyak terdapat jenis meranti-merantianMemiliki berbagai jenis nangkaMemiliki jenis tumbuhan sagu yang sedikitTidak memiliki gutan kayu putihTerdapat berbagai jenis rotanMemiliki jenis tumbuhan matoa (pometia pinnata) yang sedikit.

Ciri-ciri Flora di Indonesia bagian timur : 

Memiliki jenis meranti-merantian sedikitTidak terdapat jenis nangkaMemilki banyak tumbuhan saguTerdapat hutan kayu putihTidak memiliki rotanMemiliki berbagai jenis tumbuhan matoa (khususnya berada di Papua)
Sourche: aganpedia

0 Response to "Perbedaan Flora di Indonesia Bagian Barat dengan Timur (Lengkap)"

Post a Comment