-->

Sabtu, 21 Januari 2023

Shalat Jumat Terbanyak Dan Termegah Sepanjang Sejarah Umat Islam

Perdebatan mengenai sah tidaknya shalat Jumat di jalanan serta apakah ada contohnya pada umat dahulu kian mewarnai media sosial saat ini. Terlebih setelah umat Islam akan melaksanakan shalat Jumat di jalanan ibukota saat Aksi Bela Islam 212 mendatang.

Perlu diketahui bahwa dalam sejarah Islam ternyata shalat Jumat yang termegah dan terbanyak dilakukan pada tahun 1453, tepatnya saat kepemimpinan Sultan Muhammad Al Fath. Tercatat bahwa shalat Jumat tersebut membentang sepanjang 4 km dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di utara.


Ilustrasi
Shalat Jumat itu pun dilakukan sekitar 1,5 km di depan benteng Konstantinopel saat berusaha menaklukkan kekaisaran Biyzantium. Akhirnya Konstantinopel berhasil dikuasai dan menjadi cikal bakal kekhalifahan Usmaniyah.

Kemenangan itu juga merupakan bukti dari kabar gembira yang disampaikan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya dahulu. Disebutkan bahwa negara adidaya seperti Romawi akan dikalahkan oleh kaum muslimin.

Abdullah berkata: Ketika kita sedang menulis di sekitar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, beliau ditanya: Dua kota ini manakah yang dibuka lebih dulu: Konstantinopel atau Rumiyah?

Rasul menjawab, “Kota Heraklius dibuka lebih dahulu.” Yaitu: Konstantinopel. (HR. Ahmad, ad-Darimi, Ibnu Abi Syaibah dan al-Hakim)

Demikianlah sejarah yang menyebutkan bahwa sejak dahulu pelaksanaan shalat Jumat di jalanan telah dilakukan dan salah satunya pada masa Sultan Muhammad Al Fath. Wallahu A’lam.(dakwah Islam)




Baca Artikel Terkait: