Spesifikasi Xiaomi Mi 5c! Teknologi Mi 5s, Desain iPhone 6, Harga Sekelas Redmi

Spesifikasi Xiaomi Mi 5c! Teknologi Mi 5s, Desain iPhone 6, Harga Sekelas Redmi

Xiaomi Mi 4c segera mendapatkan penerusnya…

Sudah bukan rahasia umum jika sesama vendor smartphone Cina juga saling bersaing satu-sama-lain, khususnya di acara peluncuran suatu produk, yang dibuat bersamaan, atau jeda dalam hitungan hari saja. Seperti yang satu ini. Pada 30 November besok Meizu dikabarkan bakal mengkonfirmasikan Meizu X (disebut juga sebagai Meizu Charm Blue X). Undangan pun telah disebarkan.

Di sisi lain, vendor senegaranya, Xiaomi, juga dikabarkan akan mengungkapkan Android terbarunya di hari yang sama, yaitu dengan Xiaomi Mi 5c (atau beberapa waktu lalu dikenal dengan kode Xiaomi Meri). Tahun lalu kita mendapatkan Mi 4, 4s, 4i, dan kemudan 4c, maka seharusnya kita juga menemukan Mi 5 dan Mi 5s yang sudah dirilis, dan yang saat ini yang akan melengkapinya, Mi 5c.

Dari namanya sudah ketahuan ini penerus seri Mi 5, namun diposisikan untuk kelas menengah, seperti Xiaomi Mi 4c yang cukup populer karena bentuknya yang kompak dan tipis. Memang sebelumnya mereka sudah memberikan Xiaomi Mi 4s, namun seri tersebut lebih sekadar upgrade dari Mi 4c saja. Meskipun belum banyak spesifkasi Xiaomi Mi 5c yang terungkap, namun sudah banyak yang memastikan Android ini menjadi yang pertama menggunakan prosesor racikan Xiaomi sendiri, yang sejauh ini disebut sebagai Xiaomi Pinecone.

Xiaomi Mi 4s lebih pas hanya sekadar upgrade dari Mi 4c saja… yang munculnya sangat terlambat!

Beberapa bagian spesifikasi Xiaomi Mi 5c yang kami dengar antara lain, chipset Pinecone yang memiliki prosesor octa-core ARM-Cortex A53 dengan kecepatan 2.2GHz serta GPU ARM Mali-T880, yang menempatkannya di kelas Snapdragon seri 6xx atau MediaTek Helio seri Pxx (bahkan rumor lainnya, Pinecone ini tidak lain MediaTek Helio P20). Layarnya sendiri 5.5-inchi Full HD (1080×1920-pixel dan 403-ppi) dengan bezel yang tipis serta lapisan kaca 2.5D, dan memory RAM 3GB, ROM / storage internal 64GB (belum bisa dipastikan adanya slot micro SD).

Kemudian untuk kameranya, yang utama ada 12-megapixel, dan kamera sekunder 8-megapixel, tombol Home fisik yang juga menjadi lokasi dimana kalian menemukan sensor sidik jari (dan diapit dengan dua tombol capacitive, seperti pada Xiaomi Mi 5), menjalankan OS Android 6.0.1 Marshmallow yang dibalut antar muka MIUI 8, serta juga mendukung koneksi NFC. Koneksi selularnya mengakomodir opsi dual SIM dual standby dan kecepatan hingga 4G LTE dan mendukung teknologi VoLTE (komunikasi suara menggunakan jalur LTE).

Kameranya hanya 12-megapixel? Jangan salah, Xiaomi Mi 5s yang diluncurkan bulan lalu juga hanya memiliki satu sensor 12-megapixel Sony Exmor R IMX378 dengan bukaan lensa f/2.0. Bisa jadi Xiaomi Mi5c juga menggunakan sensor yang sama. Sony Exmor R IMX378 ini termasuk yang terbaru dan terbaik dari Sony. Sensor dengan besar 1/2.3-inchi ini kemampuan resolusi maksimalnya memang hanya 12.2-megapixel saja, namun ukuran pixelnya cukup lebar, mencapai 1.55 μm. Bandingkan dengan 1.12 μm pada IMX258 di Xiaomi Mi 5s Plus atau IMX298 pada Xiaomi Mi 5.


Di sisi desain, Xaomi Mi 5c juga sangat menarik, karena tidak terlalu “mirip” dengan saudara Mi 5 lainnya. Dari beberapa foto yang sudah bocor, terlihat keempat sisinya yang lebih membulat, bingkai / bezel yang tipis, dan jelas tampak, tidak ada black border-nya yang banyak dikeluhkan pengguna Xiaomi karena mengurangi keindahan layar, tombol volume dan power diposisikan di samping kanan seperti pada Mi lainnya, serta (sayangnya) sensor kamera masih saja diposisikan di bagian kiri-atas punggungnya (menyulitkan ketika ingin memotret dengan lensa tambahan).

Tak kalah menarik, harganya juga sempat bocor kemarin, dan disebutkan jika Xiaomi bakal menjualnya dengan harga yang sangat murah di negara asalnya, yaitu 999 Yuan saja, atau setara dengan Rp1.95 jutaan saja, dengan pilihan warna Rose Gold, Gold, dan Black. Harga yang sangat menggiurkan untuk sebuah Xiaomi Mi, apalagi ada imbuhan seri “5” di sana. Mengingat biasanya seri “c” ini menjadi yang termurah untuk kelas Mi, harga tersebut sepertinya masuk akal.

Dan lagi-lagi sepeti Xiaomi Mi 4c yang dulu sempat dianggap “menjiplak” iPhone 5c, desain Xiaomi Mi 5c ini entah kenapa mengingatkan kami pada…. iPhone 6!

Sumber: Anzhuo /duniaku

0 Response to "Spesifikasi Xiaomi Mi 5c! Teknologi Mi 5s, Desain iPhone 6, Harga Sekelas Redmi"

Post a Comment