Terungkap Bukti Baru Keberadaan Air di Pluto

Terungkap Bukti Baru Keberadaan Air di Pluto

(foto: Reuters)

CALIFORNIA – Pluto mungkin telah kehilangan statusnya sebagai planet, namun masih memiliki banyak misteri yang belum terungkap. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, terungkap bahwa Pluto pernah dialiri air. Informasi ini diketahui setelah dua penelitian yang diterbitkan oleh Nature pada bulan ini menunjukkan keberadaan air di Pluto ketika masa lalu.

Penelitian pertama ditulis oleh James Keane. Ia berpendapat bahwa "es volatil" di permukaan planet mengalir menuruni bukit menuju basin. Suhu rendah di dataran rendah membuat Sputnik Planitia berubah menjadi lemari es.

Penelitian pertama ditulis oleh Francis Nimmo. Ia berpendapat Pluto memiliki samudera yang mengalir di bawah permukaan. Nimmo juga mengatakan bahwa apa pun yang mengalir di bawah permukaan es Sputnik Planitia harus lebih padat dari air beku atau nitrogen.

Dalam penelitian sebelumnya yang dipimpin oleh Brandon Johnson, Pluto diprediksi memiliki cairan laut terjatuh di sekitar bawah kerak esnya. Sekarang para ilmuwan telah menghitung laut ini dan kedalaman air tersebut bisa mencapai 62 mil serta cenderung seperti laut Mati. Demikian seperti dikutip dari Wired, Jumat (18/11/2016)
Sourche: okezone.com

0 Response to "Terungkap Bukti Baru Keberadaan Air di Pluto "

Post a Comment