TIPS MENJAGA KUALITAS MINYAK ZAITUN

TIPS MENJAGA KUALITAS MINYAK ZAITUN

Tanya :

Assalamu’alaikum

Saya ingin bertanya, mengapa warna minyak zaitun seringkali berubah ? Adakalanya kuning kehijauan, tapi seringkali kuning keemasan. Apakah ini menunjukkan kadar kualitasnya ? Dan bagaimana penyimpanan minyak zaitun yang benar ?

Andre, Bandung

Jawab :

Wa’alaikumussalam

Warna minyak zaitun berkaitan dengan jumlah klorofil yang dikandungnya, dan tidak terkait dengan kualitasnya. Zaitun dipetik di awal musim cenderung membuat minyak berwarna hijau karena mengandung tingkat yang lebih tinggi dari klorofil. Zaitun yang dipanen di akhir musim biasanya akan menghasilkan lebih banyak minyak berwarna emas karena tingkat lebih tinggi dari zat alami bernama karoten. Kedua minyak mungkin secara teknis setara dalam kualitas tetapi sangat berbeda dalam gaya.  Yang banyak terjadi, minyak berwarna hijau akan berubah warna lebih emas ketika disimpan.  Jadi jangan terlalu fokus pada tampilan warna.

Cahaya adalah musuh minyak zaitun karena merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tengik. Anda harus selalu membeli minyak disimpan dalam kaca buram gelap. Beberapa produsen mengemas minyak dalam botol bening. Hal ini terutama untuk menarik pembeli. Menyimpan minyak zaitun dalam botol yang bening akan merugikan kualitas. Maka untuk menjaganya, botol bening perlu ditempel label kemasan yang tidak tembus pandang.

Cahaya dan panas adalah musuh minyak zaitun. Dengan demikian, minyak zaitun harus disimpan di tempat yang gelap dingin. Tempat terburuk untuk menyimpan minyak zaitun di atas lemari es atau di samping oven dimana mereka dapat menjadi panas, atau bahkan yang lebih buruk adalah ditaruh di samping jendela. Minyak zaitun cepat akan menjadi tengik jika disimpan dalam lingkungan yang hangat. Paparan cahaya juga mempercepat hilangnya efek vitamin E.

Penyimpanan di kulkas atau pendinginan adalah cara yang sangat efektif untuk memperpanjang masa simpan minyak. Aroma dan rasa dari minyak tidak akan terpengaruh dengan cara apapun oleh pendinginan. Namun menyimpan di tempat yang gelap dingin adalah tempat terbaik untuk menyimpan minyak zaitun jika Anda sering menggunakan sejumlah kecil minyak zaitun selama jangka waktu yang panjang. Karena ada beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa pencairan minyak yang dilakukan sedikit demi sedikit, akan mengurangi umur simpan mereka.
Sourche: eramuslim.com

0 Response to "TIPS MENJAGA KUALITAS MINYAK ZAITUN"

Post a Comment