-->

Senin, 14 November 2016

Via Citra Satelit, Ratusan Bangunan Muslim Rohingnya Nampak Dibakar

RAKHINE—Ratusan bangunan Muslim Rohingnya nampak terlihat dibakar, gambar tersebut muncul di citra satelit di sekitar Rakhine—tempat Muslim Rohingnya bermukim—pada Ahad, (13/11/2016).

Ketegangan di wilayah Rakhine semakin meningkat dalam beberapa waktu terakhir, menyusul tewasnya sembilan polisi perbatasan bulan lalu.

Kondisi krisis dan sejumlah laporan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh tentara memicu keraguan banyak kalangan akan kemampuan pemerintahan sipil untuk memegang komando militer.

Seperti dikutip Al-Arabiya, laporan pelanggaran HAM ini memang belum bisa dikonfirmasi secara independen. Karena otoritas membatasi area tersebut.

Militer mengaja ketat kawasan tersebut dan memburu pelaku penembakan yang ditengarai bagian kelompok radikal asing. Tentara telah menewaskan belasan orang dalam operasi perburuan. Baku tembak terakhir terjadi pada akhir pekan lalu. Dua tentara dan enam penyerang tewas.

Laporan citra satelit ihwal pembakaran desa Rohingya diungkap oleh Human Rights Watch. Analis mengungkap ratusan bangunan Muslim Rohingya di tiga desa dibakar. Tiga desa tersebut menjadi pusat pertempuran. 
Sourche: islampos.com




Baca Artikel Terkait: