-->

Sabtu, 03 Desember 2016

Apa itu Makar ? Pengertian Makar Adalah Sebagai Berikut ini

Makar Adalah – Apa itu makar, kita sering mendengar kata makar baru-baru ini dan bingung apa maksudnya ? pengertian makar secara singkat makar adalah suatu tindakan akal busuk atau semacam tipu muslihat dengan maksud hendak menyerang atau melakukan hal buruk terhadap orang atau sebagainya.



Sebelumnya saya telah membuat artikel tentang apa itu Gws, Tfl, dan Otw maka kali ini saya juga akan membahas mengenai apa itu makar, kata makar ini sering kita dengar belakangan ini di media online atau media televisi.
Berikut dibawah ini pengertian makar.
Makar Adalah

Makar aadalah suatu tindak pidana yang dikategorikan kejahatan yang dalam perspektif hukum islam disebut dengan jarimah atau jinayat yaitu berbagai larangan hukum yang diberikan allah swt, secara singkatnya makar bisa dikatakan tindakan jahat yang dilarang oleh syariat.
Apa itu Makar ?

Seperti yang saya sebutkan diatas, makar juga bis disebut akal busuk atau tipu muslihat yang dilakukan seseorang dengan niat jahat atau mencelakai orang lain atau golongan tertentu.
Makar Menurut KBBI

Berikut ini arti makar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

makar1 = akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan
Contoh Makar

Dalam suatu perusahaan ada seorang karyawan yang rajin dan berprestasi, setiap tahun jabatannya naik, sehingga membuat rekan kerja diatasnya merasa gelisah takut akan di geser posisinya, maka rekan kerja tadi membuat makar bagaimana supaya karyawan berprestasi ini celaka atau menurun prestasinya.

Motif nya bisa berbagai macam, bisa dengan menuduhnya mencuri dengan menaruh barang orang lain di mejanya, atau bisa juga dengan membuatnya terlambat rapat atau bekerja, popkoknya makarnya bisa berbagai macam.
Contoh Makar Dalam Pemerintahan Indonesia


Kasus makar pernah terjadi Saat Bung Karno masih menjabat presiden NKRI, seorang bernama Daniel Maukar melakukan serangan mengerikan ke istana negara. Dengan pesawat tempur yang dikendalikannya, pilot hebat Indonesia ini melakukan penyerangan yang mematikan. Untungnya, pada kejadian ini, Bung Karno sedang tidak ada di tempat sehingga nyawanya jadi selamat.

Akibat kasus penyerbuan ini, Daniel Maukar diadili atas tindakan makar terhadap negara dan juga presiden. Dia dijatuhi hukuman mati meski pada akhirnya diampuni dan hanya menjalani sekitar 8 tahun masa tahanan sebelum akhirnya bebas memasuki lengsernya era Bung Karno menjadi presiden di Indonesia.
Bahaya Makar

Bahaya makar sendiri sudah jelas merugikan orang lain yang tak bersalah, bayangkan jika anda yang mengalami tipu muslihat seperti yang saya contohkan diatas, tentu semua orang tidak akan mengalaminya bukan ?

Selain itu perbuatan Makar seperti ini dilarang dalam agama islam.

Saya Rasa cukup sekian dulu pembahasan mengenai makar adalah dan apa itu makar, apabila anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share kepada teman yang lain, semoga teman yang lain juga ikut terbantu.
Sourche: http://okistudio.com/



Baca Artikel Terkait: