-->

Rabu, 07 Desember 2016


Kumpulan Ilmu Islami Dan Hukum Islam

Beginilah Cara Mengerjakan Shalat Taubat Nasuha Lengkap

 – Merupakan Shalat Sunah Taubat yg dikerjakan dg jumlah Raka’at minimal 2 Raka’at dan maksimal dikerjakan sebanyak 6 Raka’at. Perbedaan antara Shalat Sunah Taubat dg Shalat Sunah Taubat Nasuha sendiri tidak ada perbedaan karena Shalat Sunah tersebut merupakan Shalat Sunah yg sama hanya saja terdapat perbedaan kalimat Nasuha.

Pengertian Taubat Nasuha sendiri adalah seorang muslim yg mencoba untuk bertaubat dan memohon ampunan Alloh Swt dari perbuatan dosa besar yg sudah mereka lakukan dan setelah melakukan Taubat tersebut, mereka benar – benar berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa mereka lagi dan benar – benar menyesal telah melakukan perbuatan dosa tersebut. Adapun jenis perbuatan dosa yg masuk ke dalam kreteria dosa besar antara lain Durhaka kepada orang tua, Syirik, Musrik, Berzina, Membunuh, Memakan harga anak yatim atau piatu, Korupsi dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk waktu mengerjakan Shalat taubat nasuha ada baiknya dikerjakaan saat malam tiba setelah Shalat isya sehingga anda bisa mengerjakan Shalat Taubat Nasuha ini dg khusyu dan tenang. Namun Waktu Shalat Taubat Nasuha jg bisa dilakukan saat siang dan malam hari hanya saja anda harus memperhatikan waktu – waktu yg dilarang untuk melakukan Shalat Sunnah. Cara Shalat Taubat Nasuha sendiri sama persis dg Cara Shalat Taubat pada umumnya yg dilengkapi dg bacaan Niat Shalat, Suratan Al Fatihah, Suratan dan Salam.

Cara :

Bacaan Niat Shalat Taubat Nasuha


Terjemahan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas ialah, ” USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”. dan Pengertian Niat Shalat Taubat diatas adalah, ”’ Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar ”.

Setelah anda membaca bacaan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas maka anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, Suratan, Ruku, Itidal, Sujud dan Salam seperti mengerjakan Shalat Wajib kemudian Shalat Sunah Taubat Nasuha ini dikerjakan minimal 2 Raka’at dan maksimal 6 Raka’at.

Setelah selesai mengerjakan Shalat Taubat maka anda duduklah dg khusyu dan tenang, kemudian membaca Dzikir Sholawat Nabi, Tahmid maupun bacaan Tahlil setelah itu perbanyaklah membaca bacaan Istighfar yg dibaca minimal 100 kali karena manfaat dari bacaan Istighfar itu sendiri adlh untuk memohon ampunan kpd Alloh Swt..

Terjemahan Latin Bacaan Doa Shalat Taubat Istighfar diatas ialah, ” ASTAGHFIRULLAAHAL ‘AZHIIMA, ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI ”. dan pengertian didlm Bahasa Indonesia nya adalah, ”’ Saya memohon ampunan kpd Alloh yg Maha Agung saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Alloh, Tuhan yg hidup terus selalu jaga ”’.

Bacaan Istighfar diatas merupakan Bacaan Istighfar lengkap yg bisa anda amalkan sebagai Doa Setelah Shalat Taubat dan anda bisa membaca bacaan Doa Shalat Taubat Nasuha dg Bahasa Indonesia. Kemudian kesimpulan yg bisa kami berikan kepada anda terkait Shalat Sunah Taubat ini adalah bahwa Shalat Sunah Taubat Nasuha sama saja dg Shalat Sunah Taubat hanya saja bahasa Taubat Nasuha lebih kongkret.

Karena didlm Taubat Nasuha ini seseorang benar – benar memohon ampun dan menyesal atas dosa yg mereka perbuat dan berjanji untuk tidak akan mengulangi perbuatan dosa mereka lagi. Namun barang siapa yg mengerjakan Shalat Taubat dg sungguh – sungguh sebelum ajal mereka menjemput maka akan dijanjikan Surga dan pahala yg besar serta di ampuni segala dosa – dosanya oleh Alloh.
Sourche: rukun-islam.com




Baca Artikel Terkait: