Danau Pauh Pangean, Obyek Wisata yang Tersembunyi, Mari Ramaikan

Danau Pauh Pangean, Obyek Wisata yang Tersembunyi, Planologi UIR Rancang Seperti Wisata Alam di Bali

Mahasiswa Planologi UIR di danau Pauh Pangean. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Danau Pauh di kecamatan Pangean kian menarik minat orang untuk berkunjung, apalagi dihari libur. Setiap hari, danau yang berada diantara kecamatan Pangean dan kecamatan Logas Tanah Darat ini selalu dikunjungi warga yang ingin menikmati panorama danau yang berpotenasi menjadi salah satu destinasi wisata di Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau.

Saat didanau ini, pengunjung akan melihat danau yang terhampar luas yang dikelilingi pepohonan, sehingga bagi yang menyaksikannya kan merasakan keteduhan melihat air dan pepohonan yang hijau membentang.

Untuk mencapai danau ini tidak lah terlalu sulit. Dari ibukota kabupaten Kuantan Singingi ditempuh dengan waktu 30 menit menuju arah kabupaten Indragiri Hulu. Saat pengunjung telah sampai di Dusun Penghijauan Desa Pasarbaru Pangean, dibawah sekolah MAN Pangean, jika menoleh ke kiri akan langsung tertuju ke danau yang selama ini menjadi kebanggaan oleh masyarakat Pangean. Dari jalan raya Teluk Kuantan –Rengat ( Inhu ) danau ini berjarak 150 meter.

Melihat potensi itu, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) atau Planologi Universitas Islam Riau (UIR) melirik potensi danau tersebut. Sehingga mereka telah merencanakan konsep pengembangan terhadap Danau Pauh Pangean sebagai obyek wisata yang dirancang bisa mengalahkan keindahan wisata alam di Bali.

Dengan segala potensi yang ada, mahasiswa PWK-UIR berhasil menyulap danau tersebut sebagai obyek wisata alam dan budaya di Kuansing. Bukti keseriusan mereka dilakukan dengan  rencana pengembangan pariwisata Danau Pauh Pangean yang disosialisasikan oleh para mahasiswa dengan sejumlah pihak terkait di aula Kantor Camat Pangean, Jumat (23/12/2016) lalu.

Sosialisasi ini dibuka Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra SE, yang dihadiri para upika, kepala desa beserta unsur masyarakat lainnya. PWK-UIR membantu membuat konsep rencana pengembangan wisata Danau Pauh Pangean dengan beberapa konsep yang disertai dengan DED kawasan tersebut.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas rencana pengembangan pariwisata Danau Pauh Pangean oleh mahasiswa PWK UIR. Kami berharap agar rencana ini dapat menjadi kenyataan. Memang, rencana ini berat kemungkinannya diimplementasikan, karena butuh dukungan semua pihak," harap Mahviyen.

Kemudian, Kepala Labor dan Studio Program Teknik PWK-UIR, Ir Mardianto Manan MT IAP didampingi Ketua Jurusan PWK UIR Puji Astuti ST MT meyakinkan, bahwa rencana ini bisa dikembangkan dan diimplementasikan di Pangean dengan dukungan semua pihak, masyarakat, pemkab, pemprov dan pusat dan tidak meninggalkan adat dan kebudayaan. "Tapi minimal kita sudah punya rencana untuk mengembangkan danau ini," katanya.

Selanjutnya, PWK UIR telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pangean sebagai komitmen menjadikan Pangean sebagai wilayah binaan dalam perencanaan pembangunan ke depan

Sourche: Kuansingterkini.com

0 Response to "Danau Pauh Pangean, Obyek Wisata yang Tersembunyi, Mari Ramaikan"

Posting Komentar