Gambar Uang Baru 2016 Indonesia

Gambar Uang Baru 2016 Indonesia

– Pada akhirnya Bank Indonesia secara resmi meluncurkan 11 desain pecahan uang kertas dan 4 pecahan dalam bentuk uang logam. Rupiah kertas yang dibuat terdiri dari nominal:

Kertas

– Rp. 100.000 (Ir. Soekarno dan Moh. Hatta)

– Rp. 50.000 (Ir. H. Djuanda Kartawidjaya)

– Rp. 20.000 (G.S.S.J Ratulangi)

– Rp. 10.000 (Frans Kaisiepo)

– Rp. 5.000 (K.H Idham Chalid)

– Rp. 2.000 (Mohammad Hoesni Thamrin)

– Rp. 1.000 (Tjut Meutia)

Logam

– Rp. 1.000 (I Gusti Ketut Pudja)

– Rp. 500 (Letjend TNI T.B Simatupang)

– Rp. 200 (Tjiptomangunkusumo)

– Rp. 100 (Herman Johannes)

Desain pecahan uang terbaru ini memang telah sesuai dengan rencana BI untuk menerbitkan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mungkin, jika diperhatikan hampir seluruh pahlawan pada uang telah diganti, kecuali untuk uang Rp. 100.000.

Pada pecahan Rp. 100.000 masih memasang wajah dua proklamator RI, yakni Presiden Soekarno dan Wakilnya Mohammad Hatta.

Bapak Agus Martowardojo selaku Gubernur Bank Indonesia menjelaskan. “Rupiahmerupakan sebuah simbol kedaulatan negara yang wajib untuk dihormati dan dihargai sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 7 Tahun 2011. Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh Indonesia.” Senin (19/12/2016).

Bertepatan dengan Hari Bela Negara Indonesia, diterbitkan 11 desain baru yang terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam. Setelah diterbitkan uang tersebut, maka uang rupiah yang sudah beredar di kalangan masyarakat masih berlaku dan dapat digunakan sebagai metode transaksi.

Uang rupiah kertas maupun logam yang telah dikeluarkan masih berlaku selama belum dicabut dan ditarik peredarannya oleh pihak Bank Indonesia.” Kata Bapak Agus.

Selain itu, penggunaan gambar pahlawan yang ditentukan pada pecahan uang terbaruini sebelumnya telah disetujui oleh Presiden RI saat ini, yakni Presiden Joko Widodo atau biasa akrab dijuluki Bapak Jokowi ini.

“Terima Kasih, Bapak Presiden Joko Widodo atas persetujuan pemerintah dalam penggunaan gambar pahlawan yang digunakan untuk rupiah terbaru ini.” Tutup Bapak Agus.

Berikut merupakan gambar hasil desain pecahan uang terbaru Indonesia:

Desain Mata Uang Baru

Bagaimana menurut Anda? Apakah lebih menarik atau sama saja? Semua tergantung pada diri kalian masing-masing.

Uang pecahan 100 ribuuang pecahan 50 ribu baruuang pecahan 20 ribu rupiahUang pecahan 10 ribu rupiahuang pecahan 5 ribu rupiahuang pecahan 2 ribu rupiahuang pecahan 2 ribu rupiahUang pecahan 1 ribu rupiah koinUang pecahan 500 rupiah koinuang pecahan 200 rupiah koinuang pecahan 100 rupiah koin

Salah anggota DPRD dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Asrizal H Asnawi memprotes gambar pahlawan Aceh Cut Meutia yang menjadi ikon pahwalan dalam uang baru Rp. 1000 Rupiah.

“Kita di Aceh sedang menggalakan penggunaan pakaian dengan aturan syariat Islam dan penegakan hukumnya, jangan dilemahkan usaha tersebut dengan gambar sang pejuang tanpa penutup kepala,” tuturnya Asrizal H Asnawi, Selasa (20/12/2016).

Protes yang dilakukan oleh Anggota dari Fraksi partai PAN ini Asrizal H Asnawi, berawal dari status ia di laman Facebook nya, selain menulis dan memprotes Asrizal H Asnawi juga melampirkan uang pecahan Rp. 1000 Rupiah bergambar Cut Meutia yang baru diresmikan beberapa hari lalu oleh Presiden Jokowi di gedung Bank Indonesia.

Terkadang dalam menentukan kebijakan sesuatu hal ini memang suka ada sebuah pertentangan dan sebuah isu pro dan kontra, namun dengan seiring berjalan waktu semua akan menerima perubahan itu, akan tetapi baiknya juga untuk selalu diralat dan diperbaiki jika ada sebuah saran dari berbagai tokoh dan Masyarakat yang ada di Indonesia ini.
Sourche: waktuku.com

0 Response to "Gambar Uang Baru 2016 Indonesia "

Posting Komentar