-->

Senin, 26 Desember 2016

Gempa 7,6 SR Guncang Chili, Sempat Ada Peringatan Tsunami

Noval Dhwinuari Antony - detikNews


Foto: Alvaro Vidal/Reuters

Santiago - Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) mengguncang Chili bagian selatan pada Minggu (25/12) waktu setempat. Tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut, namun ribuan orang yang berada di wilayah pesisir sempat dievakuasi.

Dilansir Reuters, Senin (26/12/2016), Kantor Darurat Nasional Chili (ONEMI) telah mengeluarkan peringatan bahaya tsunami sesaat setelah gempa terjadi. Sekitar 5000 jiwa juga sempat dievakuasi.

Namun peringatan akan bahaya tsunami tersebut ditarik 3 jam setelah gempa terjadi. Masyarakat yang sempat dievakuasi juga telah diperbolehkan kembali ke rumah mereka. 

"Para pejabat telah mengeluarkan peringatan tusnami untuk wilayah dalam 1000 kilometer (621 mil) dari pusat gempa atau 225 (140 mil) barat daya dari Puerto Montt. Namun peringatan itu diturunkan ke waspada tsunami," kata seseorang dari otoritas setempat. 

Foto: Alvaro Vidal/Reuters

Meski berskala besar, namun gempa tersebut dilaporkan tak banyak merusak rumah dan infrastruktur. 

"Itu hanya menakutkan dan beberapa benda jatuh," ujar salah satu pemilik hotel di wilayah pesisir, Alamiro Vera.

Saksi Reuters lainnya mengatakan beberapa jalan dan satu jembatan mengalami rusak di Quellon, Pulau Chiloe yang merupakan tempat tujuan wisata di wilayah Los Lagos Chil.

Foto: Alvaro Vidal/Reuters

Sourche: detik.com




Baca Artikel Terkait: