Inilah 3 Jenis Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap

Inilah 3 Jenis Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap 

Kegiatan ekonomi memiliki 3 macam yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Tetapi, kegiatan ekonomi juga dapat terjadi secara langsung dari produksi ke konsumsi, contohnya adalah nelayan yang menangkap ikan untuk dikonsumsi sendiri.

Berikut ini adalah 3 Jenis Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi) Beserta Contohnya.






1. Kegiatan Produksi


Kegiatan ini adalah kegiatan yang gunanya untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia. Badan usaha atau orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen. Produsen menghasilkan barang untuk dapat dijual agar dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan juga orang lain.

Selain itu, produsen juga dapat memperoleh keuntungan dengan menjual barang hasil produksinya kepada para pedagang.

Barang hasil produksi tersebut dibedakan menjadi barang antara dan barang akhir. Apa itu barang antara? Barang antara adalah barang yang digunakan untuk menghasilkan barang yang lain, contohnya seperti gandum, kain, dan benang. Sedangkan apa itu barang akhir? Barang akhir adalah barang yang siap dikonsumsi, contohnya adalah pakaian dan roti.


2. Kegiatan Distribusi


Kegiatan ini adalah kegiatan untuk penyaluran barang dari produsen ke konsumen.Barang-barang yang dibuat oleh produsen dapat sampai ke konsumen karena adanya disributor.

Tanpa adanya distributor, barang dari produsen tidak akan sampai ke konsumen yang jaraknya sangat jauh dari produsen. Produsen akan kesulitan untuk menjual barang, dan konsumen juga akan kesulitan untuk menemukan barang yang ingin dibeli.

Contoh kegiatan distribusi adalah ibu yang tinggal di Pekanbaru membeli beras Cianjur karena adanya distributor.


3. Kegiatan Konsumsi


Kegiatan konsumsi adalah kegiatan untuk menggunakan atau menghabiskan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan orang tersebut. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi ini disebut konsumen. Barang atau jasa yang dikonsumsi disebut juga barang konsumsi.

Contoh dari kegiatan konsumsi yaitu, ibu membeli cabe di pasar, abang membeli baju di toko, dan ayah membeli motor.


Demikianlah artikel kali ini tentang 3 Jenis Kegiatan Ekonomi (Produksi, Distribusi, Konsumsi) Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terimakasih.(aganpedia)

0 Response to "Inilah 3 Jenis Kegiatan Ekonomi Beserta Contohnya Lengkap "

Post a Comment