-->

Jumat, 23 Desember 2016

Kocak Inilah 'Om Telolet Om' dan Musik Telolet Para DJ  
Sejumlah anak-anak memegang poster bertuliskan "Om Telolet Om" dipinggir jalan agar bus yang melintas membunyikan klaksonnya. "Om Telolet Om" bukan hanya di Indonesia saja tapi juga sudah mendunia melalui media sosial. twitter.com
Jakarta - Media asal Inggris, BBC, turut menulis tentang fenomena kata “Om Telolet Om” yang viral di media sosial. Pada judulnya tertulis, “What is ‘Om Telolet Om’ and Why Are DJs Sharing it?”.
BBC menulis, pada Selasa sore, pengguna media sosial ramai membagikan sebuah frasa misterius, “Om Telolet Om”. Kata ini muncul hingga 790 ribu kali di waktu itu. Frasa ini populer di status-status para disc jokey (DJ), tweet inspirasi, dan video. Bahkan suara telolet menjadi inspirasi musik para DJ.
Penulis Chris Bell lantas menemukan jawabannya, yakni “Om Telolet Om” bersumber dari kisah bus-bus di Indonesia. Anak-anak muda di Indonesia, katanya, berdiri di pinggir jalan untuk meminta sopir bus membunyikan klaksonnya. Mereka meneriakkan “Om Telolet Om” untuk menarik perhatian sopir bus. Video adegan “Om Telolet Om” ini kemudian menjadi viral di Indonesia.
BBC menerangkan, telolet mewakili bunyi klakson bus sedangkan om adalah panggilan untuk pria yang lebih tua. “Itu seperti 'uncle' atau 'sir' dalam bahasa Inggris. Sehingga 'Om Telolet Om' bisa diterjemahkan menjadi 'Sir honk your horn sir'.”
Kata “Om Telolet Om” membuat penasaran beberapa artis dan DJ luar negeri sebab mereka kerap menemukan kata itu dalam media sosial. Misalnya grup musik elektronik asal Amerika Serikat, Cash Cash yang menulis di Twitter, “What is “om telolet om” and why is it being spammed on our Instagram?!”.
Respons terhadap “Om Telolet Om” makin berkibar. Para DJ menggunakan contoh suara bus Indonesia itu dalam musik mereka. Departemen pemasaran pun turut memanfaatkan demam telolet.
 
Gitaris 5 Seconds of Summer, Michael Clifford, mengatakan dirinya juga mencoba berteriak ke bus. “Hanya keluar dan berteriak om telolet om di bus, jelas belum berhasil sampai ke Australia,” ujarnya dalam Twitter.
Duo musikus Belanda, Firebeatz, yang pernah duet dengan Calvin Harris dan Tiesto, berada di antara DJ yang tercepat memamerkan suara bus menjadi sebuah lagu. Postingan pendek mereka di YouTube telah dilihat lebih dari 100 ribu kali.
Sourche: Tempo.com



Baca Artikel Terkait: