-->

Rabu, 28 Desember 2016

Mantap, Telkomsel Mulai Pemanasan Jaringan 4,5G di Surabaya

Foto: rois/detikcom

Surabaya - Telkomsel mulai melakukan mencoba jaringan 4,5G di wilayah Kota Surabaya. Pemanasan jaringan 4,5G tersebut dilakukan secara terbatas yakni di pusat pelayanan Telkomsel Grapari, Jalan Pemuda, Surabaya.

"Sekarang pelanggan bisa mencoba dan merasakan experince jaringan super cepat 4,5G," kata Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali Ririn Widaryani di sela acara Experience 4,5G di Grapari Pemuda, Selasa (27/12/2016).

Jaringan 4,5G ini menggunakan teknologi long term evolution (LTE). Spektrum frekuensi mencapai 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz yang dikombinasikan dengan teknologi 4X4 MIMO.

Penggabungan teknologi di 4,5G menurutnya dapat memungkinkan akses data lebih cepat dua kali dari teknologi 4G. Serta latensi yang sangat rendah, yakni kurang dari 10 milidetik.

"Kami ingin menunjukkan kepada pelanggan dan masyarakat bahwa, Telkomsel siap mengimplementasikan jaringan 4,5G di Indonesia," tuturnya sambil menambahkan dalam mengimplementasikan 4,5G, Telkomsel bekerjasama dengan Huawei, ZTE, Nokia dan Ericsson sebagai penyedia jaringan dan teknologi.

Foto: rois/detikcom

Vice President ICT Network Management Jawa Bali Telkomsel Ronny Arnaz menambahkan, di pusat pelayanan Grapari, pelanggan dan masyarakat dapat merasakan bagaimana kecepatan jaringan 4,5G yang sudah disediakan di experience booth, dan dilengkapi dengan costumer premises equipment (CPE)-peralatan yang sudah mendukung teknologi 4,5G serta televisi LCD.

"Implementasi teknologi 4,5G secara komersial belum bisa dilakukan dalam waktu dekat, karena belum ada regulasi yang mengatur tentang teknologi ini," kata Ronny.

Meski demikian, jaringan dan handset pendukung sudah dipersiapkan, sehingga teknologi ini sudah dapat diimplementasikan. Untuk mendukung jaringan 4,5G, Telksomel menggunakan BTS 4G yang sudah ada.

"Investasi teknologi 4,5G lebih kecil dibandingkan dengan penambahan modul baru bagi 3G atau 4G. Hanya perlu menambah modul antena tambahan di BTS yang sudah ada," jelasnya sambil menambahkan, Telkomsel menargetkan pembangunan 15.000 BTS, dan saat ini sudah terbangun 2.137 BTS 4G di seluruh wilayah Jawa dan Bali
Sourche: detik.com




Baca Artikel Terkait: