Pengertian RAM dan Fungsinya Secara Lengkap

Pengertian RAM atau Random Acces Memory adalah sebuah perangkat keras pada komputer yag fungsinya menyimpan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan meyuplai data - data penting yang dibutuhkan oleh prosesor secara cepat dan diproses menjadi informasi.

RAM komputer sendiri saat ini sudah berada di generasi DDR 3 untuk penggunaan PC ataupun laptop, dengan kapasitas yang bervariasi. Meskipun sama - sama memikiki label memory, namun demikian jangan bandingkan RAM dengan memory external maupun internal pada suatu sistim komputer. RAM mempunyai kecepatan membaca yang lebih cepat dibandingkan dengan memory internal atau external biasa. Kira - kira kecepatan RAM bisa 10 kali lipatnya dari memory biasa.

Berikut adalah beberapa fungsi dari RAM,diantaranya adalah :

1. Mempercepat kinerja pemrosesan informasi dari komputer

Semakin besar RAM, maka akan semakin cepat pula pemrosesan informasi yang dilakukan oleh CPU. Itu artinya kecepatan dari suatu sistim komputer sangat ditentukan oleh besaran kapasitas RAM yang ada. Karena dengan RAM yang besar maka proses penyimpanan dan juga pemrosesan memory dari RAM menuju CPU tidak akan terhambat. Hal ini juga mempengaruhi laptop agar tidak lemot karena terlalu berat bekerja. Begitu pula sebaliknya, komputer dengan kapasitas RAM yang lebih kecil akan lebih terbatas penggunaan aplikasinya karena kemampuan dan memory yang terbatas pula.

2. Membantu menyimoan memory sementara

Fungsi RAM pada hakekatnya adalah untuk membantu menyimpan memory sementara. RAM yang didalam bahasa i donesia dikenal dengan istilah penyimpanan memory acak, akan menyimpan sementara memory dari suatu aplikasi atau program. Program yang berjalan ini nantinya akan memberikan informasi yang akan disimpan didalam RAM.

Proses tersebut akan terjadi hanya dalam waktu beberapa detik saja, bahkan lebih cepat lagi. Apabila suatu komputer memiliki kapasitas RAM yang lebih besar. Sehingga proses penyimpanan memory oleh RAM tidak akan terhambat.

3. Membantu penggunaan multitasking dalam komputer

Fungsi RAM selanjutnya adalah membantu penggunaan multitasking dalam satu komputer. Multitasking merupakan suatu keadaan dimana komputer bisa mengerjakan atau membuka lebih dari dua aplikasi dalam sekali jalan. RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam proses multitasking ini. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin lancar suatu komputer memproses penggunaan multitasking, sehingga dengan kapasitas yang mendukung komputer sering hang tidak akan terjadi.

4. Memiliki fungsi yang vital untuk gaming dan design

Bagi anda yang senang dengan games dan juga aplikasi yang berbasis design dan juga 3D, maka RAM memiliki fungsi yang sangat penting dan juga vital untuk komputer anda. Game dan aplikasi berbasis 3D dan design merupakan salah satu jenis aplikasi yang membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar. Bagi anda yang senang dengan game dan juga design, maka fungsi RAM akan terasa sangat bermanfaat bagi anda.

Nah bagi anda yang sedang beniat membeli komputer, selain melihat kualitas dan juga generasi dari CPU, kapasitas RAM juga harus diperhatikan karena RAM memiliki peranan yang penting dalam memutuskan apakah anda akan membeli membeli komputer tersebut atau tidak. Sesuaikan juga kebutuhan anda dengan komputer yang akan anda beli. Ada baiknya anda membeli komputer dengan kapasitas RAM minimal 2GB yang sudah cukup untuk pemakaian sehari hari dan juga penggunaan game yang basic.

Sekian dulu penjelasan tentang pengertian RAM dan fungsinya, mudah - mudahan bermanfaat buat anda. Terima kasih telah mengunjungi www.teknatum.com dan telah membaca artikel kami. Jika menurut anda artikel kami bermanfaat, anda bisa sedikit berpartisipasi untuk membagikan artikel kami disitus sosial yang anda mikiki. Terima kasih.
Sourche: teknatum.com

0 Response to "Pengertian RAM dan Fungsinya Secara Lengkap"

Post a Comment