PP Pemuda Muhammadiyah: Kami Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Wartawan Panjimas

PP Pemuda Muhammadiyah: Kami Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Wartawan Panjimas

JAKARTA, – Kasus perusakan Social Kitchen telah menyeret seorang jurnalis yang sedang meliput. Sampai hari ini, Senin (26/12) Ranu Muda, seorang jurnalis panjimas masih ditahan di Polda Jawa Tengah. Ranu hari Rabu kemarin dijemput paksa oleh aparat di rumahnya Grogol, Sukoharjo. Ranu dituduh ikut dalam perusakan Social Kitchen.

Kejadian ini menarik perhatian Dahnil Anzar Simanjuntak, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah. “Setelah saya cermati kasus ini, saya minta penangguhan penahanan Ranu. Beliau masih punya 2 anak kecil yang trauma saat penangkapan ayahnya karena diborgol dan sikep wajahnya”, tegas Dahnil.

Hari Sabtu (24/12) kemarin, Mashuri Mashuda, perwakilan dari PP Muhammadiyah telah menemui keluarga Ranu di Sukoharjo. Mashuri telah menceritakan kronologi kasus ini kepada Bang Dahnil.

“Kami menjadi penjamin Ranu tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. Ranu sangat kooperatif dalam penyelidikan kasus ini. Maka kami dari Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah meminta Ranu ditangguhkan penahanannya selama proses penyelidikan dan penyidikan”, lanjut Dahnil. [sang pencerah/ panjimas]