Pulau Pasumpahan Sumatera Barat: Pulau yang Indah dan Menarik Banget

Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional.

Pict Barry Kusuma

Sumatera Barat memiliki kekayaan alam serta budaya masyarakatnya yang khas dan unik. Wilayah yang terbentang dari pesisir barat hingga bagian tengah Sumatera ini menyuguhkan pengalaman yang unik dan telah menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik dan favorit di Tanah Air. Terletak di bibir pantai barat Sumatera, Padang menjadi kota terpenting di Sumbar sekaligus sebagai pusat pemerintahan provinsi. Selain kota bisnis dan pusat pemerintahan, Padang bisa menjadi tempat persinggahan yang menarik bagi para wisatawan sebelum menjelajahi tempat lain, berkat adanya sejumlah lokasi wisata di sekitarnya.

Pict (travel.kompas.com)

Pulau Pasumpahan adalah pulau cantik yang mudah diakses dari Kota Padang. Pulau ini dipercaya warga sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang disumpah (dikutuk) ibunya menjadi batu. Penduduk meyakini bahwa Malin Kundang dikutuk menjadi batu di pulau ini karena terkait nama ‘pasumpahan’.

Pulau Pasumpahan yang seluas 5 hektar memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya, permukaan laut pulau ini seperti terbagi tiga. Warna bening di pinggir, hijau di depannya, dan membiru pada bagian yang lebih ke tengah. Tingkat kedalaman perairan laut di sekitar pulau adalah penyebab perbedaan warna tersebut.

Pict (discoversumatra.blogspot.com)

Pulau Pasumpahan adalah sebuah pulau yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. oleh karenanya Pulau ini dekat jika kita naik kapal speedboat dari Teluk Bungus yang berada dekat dari Kota Padang. Klaim akan keindahan lautnya membuat pulau ini mulai dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional. Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karangyang masih terjaga. selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan, sehingga dipinggir pantai kita bisa melihat banyak aktivitas nelayan disini yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.

Karena keindahan Pulau Pasumpahan dan pulau - pulau sekitarnya kini tengah diincar banyak investor lokal maupun asing untuk dikembangkan sebagai obyek wisata yang di unggulkan di daerah sumatera barat. ya karena potensi pariwisata bahari di kepuluan Sumatera Barat ini benar benar bagus dan bisa dikembangkan.

Hamparan pasir yang lapisi sepanjang pantai Pasumpahan yang disertai deburan ombak menjadi daya utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih, suasananya yang hening memang daya tarik unggulan dari pulau ini. Dengan demikian, para wisatawan akan serasa terisolir jauh keriuhan kota meski sebenarnya hanya selangkah dari keramaian kota. Berkeliling di pulau ini bakal terasa menyenangkan. Dengan berjalan kaki wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sekeliling pulau yang begitu memanjakan mata. maka tidak salah kalau Pulau Pasumpahan ini disebut sebagai salah satu Pulau terindah di Sumatera Barat.
Sourche: nuswantaranews.blogspot.co.id

0 Response to "Pulau Pasumpahan Sumatera Barat: Pulau yang Indah dan Menarik Banget"

Post a Comment