-->

Senin, 09 Januari 2017

Cara dan Langkah-Langkah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, bahwa semua elemen pekerja yang ada di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari resiko terkait kesehatan, jaminan hari tua dan segala manfaat yang tergantung dalam BPJS tersebut.

Sebagai pekerja yang menerima upah dan pemberi kerja (perusahaan) yang membayar upah, keduanya harus memahami segala hak dan kewajiban yang terkandung dalam BPJS tersebut. Ada banyak manfaat yang didapatkan dalam BPJS tersebut. Misalnya manfaat yang terkait dengan jaminan kecelakaan kerja, sekaligus Jaminan Hari Tua (JHT).

Bagaimana Sistem Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Ketenagakerjaan bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan pekerja dan pemberi kerja yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebut akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS seperti halnya sebuah tabungan atau investasi. Iuran tersebut dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan memotong penghasilan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung perusahaan dan 2% ditanggung pekerja.

Selama ini pekerja hanya mengandalkan print out yang dikirimkan oleh pihak Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan setiap setahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaannya. Namun sebenarnya pihak BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan kemudahan kepada pesertanya untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui beberapa cara yang lainnya. Dapat melalui online/internet dan SMS, menggunakan perangkat computer maupun mobile/ponsel melalui aplikasi yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan.

5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan: 

Saat ini, berbagai informasi terbaru dapat diperoleh secara online. Informasi yang tertuang dalam website resmi BPJS bisa memberikan informasi kepada peserta mengenai cek saldo JHT (Jaminan Hari Tua), Informasi terbaru program BPJS, Informasi kantor cabang BPJS, Informasi program JHT, Informasi program JKM (Jaminan Kesehatan Masyarakat), serta Informasi seputar BPJS lainnya.

Berbagai kemudahan layanan tersebut merupakan upaya dari pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki pelayanan kepada konsumen, yang sebagian besar merasa masih kurang maksimal karena berbagai masalah.

Dengan adanya fasilitas untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online dan melalui SMS, nasabah akan semakin terbantu jika ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dimilikinya. Berikut 5 cara dan langkah-langkah cek saldo BPJS Ketenagakerjaan :

1. Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Cara Manual

Datangi Kantor BPJS Terdekat via primaradio.co.id

 

Disebut manual karena cara ini merupakan cara yang paling sering dilakukan sebelum era digitalisasi seperti saat ini, yaitu dengan mendatangi langsung kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan, kemudian menjumpai petugas yang ada untuk minta diprintkan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan. Namun cara manual ini sudah mulai ditinggalkan seiring semakin banyaknya pilihan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang lebih mudah dan praktis.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM BNI

Contoh Cek Saldo Melalui ATM via i.ytimg.com

 

Cara ini hanya khusus bagi nasabah bank BNI, yaitu dengan cara mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak yang terkait untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi pengguna BNI. Secara real time nasabah bank BNI dapat melakukan pengecekan kapanpun Anda mau. Namun yang patut Anda ketahui, Anda hanya dapat mengecek jumlah saldo Anda.Sayangnya untuk pengambilan saldo yang Anda miliki tidak dapat dilakukan langsung di ATM BNI.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

 

Cek Saldo BPJS Secara Online via 2.bp.blogspot.com

 

Cara ini dapat dilakukan bila peserta BPJS Ketenagakerjaan selama mereka dalam jangkauan internet. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet atau secara online, peserta dapat mengaksesnya melalui website resmi Jamsostek, dengan cara sebagai berikut:

Siapkanlah kartu Jamsostek atau Nomor KPJ Anda dan kunjungi website resmi Jamsostek diwww.jamsostek.co.idSilahkan pilih menu Tenaga Kerja maka Anda secara otomatis akan diarahkan ke halaman situs BPJS Ketenagakerjaan, yaituhttps://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerjaMasukkan user ID dan password jika sebelumnya sudah pernah mendaftar, namun jika Anda baru (belum pernah mendaftar), maka harus mendaftar lebih dulu dengan cara klik tulisan Registrasi pada menu Tenaga Kerja (jika berstatus sebagai tenaga kerja)Ketika mendaftar pilihlah jenis keanggotaan sebagai Tenaga Kerja dan isilah form yang sudah tersedia dengan lengkap dan benar.Kemudian pilihlah Setuju pada kolom ketentuan penggunaan layanan web JamsostekBila data sudah terisi lengkap dan benar, klik Daftarkan atau SUBMIT DATA

Setelah semuanya selesai dan sudah mendaftar, silahkan tunggu email konfirmasi atau balasan pesan SMS dari nomor HP untuk aktifasi akun. Jika sudah menerima email atau SMS konfirmasi, silahkan masukkan kode aktivasi di alamat yang sudah tersedia lalu klik tombol kirim, supaya User Id dan Password dapat digunakan. Kemudian cek Inbox email Anda, bila sudah aktif dapat langsung melakukan pengecekan saldo Jamsostek via online dengan terlebih dahulu Login menggunakan user ID dan password.

Proses selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

Setelah masuk dimenu member Jamsostek, pilihlah menu Lihat Saldo JHTKemudian pilihlah KPJ Jamsostek Anda, lalu klik tombol SUBMIT, maka jumlah saldo Anda akan muncul di layar.Setelah puas mengetahui jumlah saldo, Anda dapat kembali ke Home, dan browsing dengan meng-klik menu-menu layanan online BPJS Ketenagakerjaan lainnya, seperti: informasi rincian Saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi Saldo JHT, dan juga Formulir pengajuan Klaim secara online.

Cara Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui Aplikasi Smartphone

BPJS Mobile via pbs.twimg.com

 

Untuk pengguna smartphone, seperti: Android, Apple dan Blackberry bisa download aplikasi BPJS ketenagakerjaan untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan smartphone ikutilah cara berikut ini:

Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang tersedia di Playstore maupun BBMStoreSetelah didownload, silahkan install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan diperangkat smartphoneJika sudah terinstall, selanjutnya tinggal setting aplikasi sesuai dengan akun BPJS AndaAtau Anda dapat login ke alamathttps://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sso/login.bpjsSelanjutnya masukkan User ID dan Password akun BPJS Anda. Bagi yang sudah mempunyai akun lama di Jamsostek dapat login menggunakan ID dan password akun lama tersebut.

Namun bagi yang baru dan belum mempunyai dapat mendaftar terlebih dahulu, seperti cara di atas.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui SMS

Contoh Hasil Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via files.wordpress.com

 

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS merupakan cara yang paling banyak disukai oleh para pekerja. Dengan cara ini pekerja tidak perlu repot antri mendatangi kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan maupun tidak perlu membeli perangkat komputer dan smartphone. Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan, kemudian Anda akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Namun sebelumnya peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS. Berikut ini format registrasi untuk mendapatkan ID BPJS Ketenagakerjaan:

Ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: REG#02D00065455#230384#tiara kirim ke 08111009696.Anda akan mendapatkan balasan sms yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDAJika ID sudah didapatkan, maka Anda dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut:Ketik: SALDO#ID_Anda, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: SALDO#123456789 kirim ke 08111009696Kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT sebagai berikut: SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 11 2015 RP.14.000.000. SMS tersebut berarti saldo dengan ID 123456789 sampai dengan tanggal 30 bulan 11 tahun 2015 ialah sebesar 14 juta rupiah.

Solusi Praktis Untuk Para Nasabah

Dengan begitu banyak kemudahan yang ditawarkan oleh pihak BPJS untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga peserta tidak perlu repot-repot mendatangi kantor Jamsostek/BPJS untuk mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan yang ada didalamnya. Anda dapat memilih cara manakah yang menurut Anda paling mudah dan praktis. BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi Anda. Jangan sampai Anda tidak mempunyai tabungan untuk masa tua nanti.
Source: cermati.com




Baca Artikel Terkait: