Gangguan Alergi Telur dan Cara Pencegahannya

Faktor Penyebab Alergi
Banyak faktor yang bisa sebabkan gangguan alergi diantaranya adalah keturunan atau genetik, secara sadar atau tidak sebenarnya orang tua yang membawa reaksi alergi pada satu bahan tertentu akan menurun pada anak mereka, karena berasal dari darah yang sama. Hal ini sebenarnya bisa digunakan untuk mendeteksi alergi yang dialami oleh buah hati sedini mungkin tanpa harus lakukan serangkaian tes. Umumnya di usia anak-anak sendiri berbagai macam hal memang memiliki potensi sebabkan alergi.

Diantaranya adalah produk makanan, bahkan sebagian besar menu makanan yang mengandung gizi lah yang justru jadi sumber allergen mereka. sebuah saja diantaranya adalah telur. Telur ayam kaya akan kandungan protein, namun pada sebagian besar anak konsumsinya justru menyebabkan gejala-gejala alergi seperti rasa gatal, bengkak hingga memerah di tubuh, juga mual dan muntah. Agar buah hati Anda tak mengalami masalah tersebut, maka berikut ini langkah pencegahan yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Mengawasi jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh buah hati, baik itu yang Anda buat sendiri maupun membelinya di pasaran. Selektif dalam melihat ada tidaknya bahan dasar telur, seperti yang umum ditemukan dalam produk kue.
  2. Menggunakan gelang, tentunya tak setiap saat Anda bisa mengawasi buah hati tersebut, apalagi ketika sudah memasuki bangku pendidikan. Cara paling mudah adalah mengenakan gelang pada mereka. Gelang dengan keterangan di kecil menderita alergi telur, sehingga yang melihatnya juga mengerti dan tak membersihkan makanan dengan tambahan telur.
  3. Memberitahu orang lain, khususnya adalah yang merawat buah hati Anda, baik di rumah maupun di sekolahnya untuk tak memberikan makanan dengan bahan dasar telur.
  4. Untuk anak yang masih dalam masa menyusui, maka orang tua atau ibu juga dilarang untuk konsumsi telur, bagaimanapun zat penyebab allergen tetap bisa dirasakan oleh buah hati.
Mudah bukan untuk kenali alergi makanan menjadi yang paling sering diderita oleh anak-anak, agar tak berdampak bahaya, sebaiknya terapkan cara yang sama untuk jenis alergi makanan lainnya.