14 April in History ( Kelahiran Ibnu Rusyd)

14 April in History ( Kelahiran Ibnu Rusyd)

– Tanggal 14 April 1126 diperkirakan menjadi hari bersejarah bagi umat Islam di seluruh dunia, hari dimana lahir sosok penting bagi perkembangan ilmu kedokteran di dunia “Ibnu Rusyd”.

Memiliki nama lengkap

Abu Walid Muhammad bin Rusyd lahir di Kordoba (Spanyol) pada tahun 520 Hijriah. Ayah dan kakek Ibnu Rusyd adalah hakim-hakim terkenal pada masanya. Ibnu Rusyd kecil sendiri adalah seorang anak yang mempunyai banyak minat dan talenta. Dia mendalami banyak ilmu, seperti kedokteran, hukum, matematika, dan filsafat. Ibnu Rusyd mendalami filsafat dari Abu Ja’far Harun dan Ibnu Baja.

Ibnu Rusyd adalah seorang jenius yang berasal dari Andalusia dengan pengetahuan ensiklopedik. Masa hidupnya sebagian besar diberikan untuk mengabdi sebagai “Kadi” (hakim) dan fisikawan. Di dunia barat, Ibnu Rusyd dikenal sebagai Averroes dan komentator terbesar atas filsafat Aristoteles yang memengaruhi filsafat Kristen pada abad pertengahan, termasuk pemikir semacam St. Thomas Aquinas. Banyak orang mendatangi Ibnu Rusyd untuk mengkonsultasikan masalah kedokteran dan masalah hukum.

Karya Ibnu Rusyd:

Bidayat Al-Mujtahid (kitab ilmu fiqih)Kulliyaat fi At-Tib (buku kedokteran)Fasl Al-Maqal fi Ma Bain Al-Hikmat Wa Asy-Syari’at (perihal perkataan-perkataan dalam hal kebijaksaan dan syariat)
Source: eramuslim.com

0 Response to "14 April in History ( Kelahiran Ibnu Rusyd) "

Posting Komentar