Assad Ungsikan Pesawat Tempurnya ke Pangkalan Humaimmam Milik Rusia

Assad Ungsikan Pesawat Tempurnya ke Pangkalan Humaimmam Milik Rusia

– Sumber-sumber mujahidin Suriah melaporkan bahwa rezim Syiah Bashar al Assad telah mengungsikan pesawat-pesawat udaranya ke pangkalan udara Humaimmam milik Rusia. Langkah ini diambil untuk menghindari serangan udara susulan militer AS.

“Rezim telah memindahkan pesawat-pesawatnya dari pangkalan udara lainnya ke Humaimmam Air Base milik Rusia di kota Latikia,” ujar sumber mujahidin Suriah dalam pernyataan persnya hari Sabtu (8/04) akhir pekan kemarin.

Sumber mujahidin melanjutkan, “Langkah ini diambil untuk melindungi jet tempur rezim dari serangan lanjutan militer AS, serta memperbaiki kembali pangkalan udara Syahrat pasca serangan kemarin.”

Sebanyak 59 Tomahawk menghantam pangkalan udara Syahrat milik rezim Syiah Assad pada Jumat (7/04) dini hari, sebagai balasan atas pemboman kimia di kota Khan Sheikhoun provinsi Idlib yang menyebabkan sedikitnya 100 warga sipil tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Selasa (4/04).

Menanggapi pemboman tersebut Moskow mengumumkan akan memperkuat sistem pertahanan udara S-300 dan S-400, khususnya Humaimmam Air Base yang menjadi basis utama kehadiran militer Rusia di Suriah. (Dostor/eramuslim)