-->

Kamis, 06 April 2017

Bentuk-bentuk dan jenis mata kail pancing 

Soloraya.Com - Setelah Anda mengetahui komponen dasar dari sebuah kail, sekarang kita akan melihat macam-macam dana jenis mata kail pancing dan fungsinya. Kali ini kita membahas mata kail pancing yang beredar di pasaran.

Bait hooks
Cirinya adalah adanya semacam barb yang berada di badan. Ini berfungsi agar
umpan tidak gampang lepas dari kail tersebut.

Treble Hooks
Kail treble amat gampang dikenali dari bentuknya yang khas itu. Fitur 3 matanya jelas memberikan keuntungan dan kerugiannya masing-masing.
Tiga mata jelas memperbesar kemungkinan kail menancap dengan sempurna. Kail jenis ini luas dipergunakan oleh pemancing ikan-ikan bermulut kecil seperti baronang, dan juga pemancing yang menggunakan umpan tiruan seperti jig.
Kerugiannya adalah mudah terlihat dan membuat ikan malah curiga karena bentuk nya yg tidak alami.

Siwash Hooks
Bentuk shanknya panjang, begitu juga dengan matanya. Tidak ada fitur istimewa pada kail ini, karena bentuknya memang standard saja.

Aberdeen Hooks
Shanknya yang amat panjang merupakan cirinya. Biasanya digunakan pada teknik mancing ngoncer dengan umpan alami.

Circle Hooks
Circle hook punya bentuk yang paling aneh dari semua mata pancing. Keistimewaan mata kail ini adalah jika ikan terdeteksi memakan umpan, kita tidak perlu menggentak joran seperti biasanya, tetapi cukup dengan menegangkan kenur. Kail akan menancap sempurna dengan sendirinya di bibir ikan. Penggunaan circle hook ini masih sering diperdebatkan, tapi banyak pemain yang mulai beralih menggunakannya karena keistimewaanya tadi.

Octopus Hooks
Bentuk shanknya yang pendek dikombinasikan dengan gap yang lebar dan kemiringan tempat ikatan kail menandakan cirinya. Ini juga adalah salah satu mata kail yang dipakai secara luas di berbagai teknik mancing, termasuk ngoncer dengan umpan hidup.

Worm hook
Perhatikan antara mata kail dan tempat mengikat kailnya yang nyaris berada dalam satu garis lurus. Berbeda dengan kail-kail lain, ‘worm hook’ ini didesain untuk tidak mudah tersangkut jika memancing di tempat yang banyak pohon tumbangnya.
Kail ini luas digunakan dengan menggunakan umpan tiruan dari plastik.

Jig hooks
Didesain khusus untuk dipergunakan dengan jig moulds. Penggunaannya cukup spesifik sehingga tidak popoler di khalayak ramai.

Drop-shot hooks
Didesain untuk menggunakan ikatan Palomar, gap-nya yang melebar memberikan kemudahan untuk memasang umpan-umpan yang besar.

Weedles hooks
Aaplikasi memancing di pedalaman yang banyak sekali. Kail ini kebanyakan di pakai oleh pemancing yang menggunakan umpan plastik tiruan.

Topwater jerkbait hooks
Mirip dengan worm hooks, tapi jarak gapnya lebih lebar. Juga di gunakan dengan menggunakan umpan plastic tiruan.

Keeper hooks
Penggunaanya mirip2 dengan Weedles hooks, dipergunakan oleh pemancing dengan umpan plastic tiruan.

Dressed / feathered trebles
Ini adalah kombinasi dari treble hook dengan di berikan bulu2 untuk menipu ikan. Saat digunakan, bulu2 ini bisa membuat gerakan memutar didalam air, yang diharapkan akan menarik perhatian sang ikan untuk memangsanya.




Baca Artikel Terkait: