Cara menanam wortel dalam polybag Mudah Praktis 100% Berhasil

Cara menanam wortel dalam polybag menjadi solusi alternative bagi anda yang tidak mempunyai cukup lahan untuk menanam sayuran ini. wortel terkenal dengan vitamin yang terkandung di dalamnya yaitu Vitamin A, tentu ini menjadikan sayuran ini sangat baik untuk kebutuhan nutrisi, untuk itu ada baiknya bagi anda menanam sayuran sendiri yang organic, tanpa kimi tentu ini akan memberikan manfaat yang lebih dibandingkan membeli dipasaran .


Penanaman sayuran dalam polybag atau pot memiliki penggemar yang cukup banyak karena sayuran ini cukup mudah ditanam, dengan kondisi media tanam yang bagus subur dan penuh nutrisi maka wortel akan tumbuh dengan baik .

Syarat tumbuh wortel yang terpenting adalah bukan di dataran tinggi maupun rendah yang ter[enting kondisinya lembab, dan cukupnya sinar matahari. Walapun pada umunya wortel lebih bagus di dataran tinggi namun tidak terkecuali di dataran rendah walapun mungkin hasilnya tidak semaksimal di datran tinggi.


Pemilihan benih wortel

Bibit wortel yang ada dipasaran mempunyai banyak merek , namun dibedakan menjadi 2 jenis yaitu jenis lokal dan jenis hibrida yang berasal dari luar yaitu Thailand, jepang dan china. Banyaknya merek yang ada tentu menjadi pilihan bagi banyak orang, dengan pilihan tersebut bisa menemukan benih yang unggul dan bagus di tanam .

Namun kami menyarankan bagi anda yang ingin menanam wortel ada baiknya memilih benih yang berasal dari lokan kenapa ? karena benin yang berasal dari lokal tentu sudah teruji dari segi kualitas dan hasil yang di dapat.

Penyemaian Benih Wortel

Penyemaian benih wortel dalam cara menanam wortel polybag mempunyai fungsi agar wortel dapat di pilih dari wortel yang mempunyai kualitas bagus dan tidak ini bisa di lakukan ketika tahap penyemaian. Untuk itu tahapan tahapn yang harus dilakukan yaitu persiapan media penyemaian yang biasanya menggunakan campuran tanah, kotoran hewan dan EM4 ini dimaksudkan untuk membuat media yang bagus dan cukup nutrisi dalam proses penyemaian.


Setelah media jadi siapkan kantong polybag khusus penyemaian dengan ukuran 7-9 cm, selanjutnya media dipadatkan pada kantong penyemaian. Selanjutnya benih unggul di masukan kedalam air hangat dimaksudkan untuk memfilter benih yang bagus atau tidak dengan cara benih yang bagus kondisi tenggelam dan benih yang buruk kondisi mengapung,. Setelah proses ini dilakukan masukan benih pada tanah penyemaian kedalaman 3-5 cm . Setelah semuanya dipersiapakan, maka lakukan perawatan dan pemeliharaan penyemaian, bibit yang bagus biasanya berumu 1-2 minggu suah tumbuh 3-4 daun abadi dan siap di pindahkan ke media tanam.


Persiapan pembuatan media Tanam wortel dalam polybag.


Pembuatan media tanam untuk menanam wortel di perlukan media yang mempunyai nutrisi yang bagus agar hasil yang didapat lebih bagus, tidak hanya itu kebutuhan nutrisi pada wortel tentu akan tercukupi. Untuk itu bahan bahan yang diperlukan yaitu tanah, kotoran hewan, sisa sayuran, air kelapa, dedak, kapur dan EM4. Lalu campur semua untuk hasil yang lebih bagus maka sebaiknya semua campuran di kompos dalam beberapa hari, semakin lama semakin bagus untuk pembusukan.
Setelah pembuatan media, tahap persiapan yang tidak kalah penting adalah persiapan kantong polybag untuk menanam dengan ukuran 30 cm, lebih besar lebih bagus, lalau isikan media ke kantong polybag dengan padat. Dan media tanam siap diberi bibit penyemaian.

Pemindahan Bibit Sawi kedalam Polybag

Tahap pemindahan bibit ini dilakukan dengan syarat proses penyemaian sudah berhasil dengan di tandai sudah muncul daun 3-4 daun abadi, setelah syarat di cukup maka bibit penyemaian siap di pindah ke media budidaya, masukan berserta media penyemaian dan potong plastiknya . Lakukan pemindahan sebaiknya di laklukan pada sore hari karena, pada pagi hari akan terkena sinar matahari lebih banyak dibandingkan pada sore hari .


Perawatan dan Pemeliharan Wortel dalam polybag.

Proses perawatan dan pemeliharaan dalam cara menanam wortel dalam polybag adalah tahapan akhir sebelum penmanenan, dengan perawatan dan pemeliharan yang cukup akan menghasilkan wortel yang unggul dan bagus. Tahapan yang harus di lakukan yaitu : 

Pemupukan : sebaiknya lakukan pemupukan rutin setiap minggu untuk menghasilkan tanaman wortel yang unggul. Dan pemupukan dengan kotooran hewan dan organic lain.
Penyiraman : lakukan penyirama 2-3 hari tergantung cuaca, sesekali lakukan penyiraman dengan dberi pupuk cair untuk menambah nutrisi pada tanaman wortel tersebut.
source: here