Cara menentukan ukuran mata kail sesuai ikan

Cara menentukan ukuran mata kail sesuai ikan

Cara menentukan ukuran mata kail sesuai ikan" yang dapat anda jadikan masukan dan bahan referensi untuk memancing anda. Mengingat perkembangan internet di Indonesia semakin bagus, banyak para pemancing menggunakan teknologi internet sebagai sarana untuk mencari informasi cara memancing, cara membuat umpan yang jitu, tehnik memancing, harga alat pancing (joran, reel, popper, minnow, bait casting, senar), tempat dan spot memancing yang banyak ikannya. Oleh karena itu, mancingmania.net mencoba memberikan beberapa tutorial dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.

Pada artikel yang akan di bahas mancingmania.net terkait judul "Cara menentukan ukuran mata kail sesuai ikan", mungkin bagi sebagian pemancing kurang lengkap dan kurang jelas. Anda dapat mencari informasi yang di inginkan dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian yang sudah tersedia.

Baca artikel : Cara menentukan ukuran mata kail sesuai ikan

gambar mata kail

Temukan ukuran mata pancing yang sesuai dengan ikan sasaran anda.

Meski tidak ada ukuran baku penggunaan mata pancing atau kail untuk memancing, namun banyak dari pemancing professional kelas dunia seperti Evans, Zane Gray, O’Shaugnessy yang juga adalah penulis buku – buku memancing di luar negri, menulis pengalamannya dalam memancing sehingga dapat kita tiru sebagai contoh. Meski tidak semua jenis ikan ada disini, mungkin anda bisa mengira-ngira besarnya ikan yang bisa anda tangkap dari sini.

Untuk pemancingan air laut :

Ikan Sailfish, broadbill dan marlin menggunakan nomor 10/0 sampai 13/0

Ikan Tarpon, menggunakan nomor 7/0 sampai 10/0

Ikan Tuna menggunakan nomor 7/0 sampai 13 dengan tipe Martu atau Sproat

Ikan Weakfish, Pancing nomor 4/0 Sproat atau O’Shaughnessy

Ikan Flounder : Pancing nomor 1/0 Sproat atau O’Shaughnessy

BlueFish : Pancing no 4/0 paling disarankan 6x long

Ikan Stripbass : Pancing no 7/0 sampai 10/0

Ikan Channelbass : pancing nomor 7/0

Ikan Croaker, Kingfish, Seabass, Porgy, Ling, BlackFish, Pollock, pancing no 1/0 sampai 3/0 Sproat atau O’Shaughnessy

Untuk pemancingan air tawar :

Strategi penggunaan pancing yang besar pada pemancingan air tawar adalah pemilihan yang salah, karena banyak pemancing yang berpengalaman mengatakan bahwa “ Mata pancing kecil dapat memperoleh ikan besar, namun mata pancing yang besar akan kesulitan jika akan mendapatkan ikan kecil. Sebaiknya anda menyesuaikan besar mulut ikan dengan mata pancingnya, tebakan yang baik adalah besarnya mata kail paling besar adalah separo dari mulut ikan tangkapan anda.

Untuk ikan Panfish dapat menggunakan mata pancing nomer 4/0 atau 6/0 tetapi kalau umpannya kecil gunakan mata pancing no 10/0 atau 8/0

Untuk ikan trout gunakan mata pancing nomor 4/0, 6/0 atau 8/0

Untuk ikan Bass gunakan nomor 1/0 atau 2/0

Ikan Nothern Pike dan Muskies, gunakan pancing nomor 3/0 sampai 1

Untuk ikan di Indonesia, dengan jenis ikan yang juga beragam, silahkan sesuaikan dengan besaran tubuh dan bentuk mulut ikan dengan besar maksimal “gap” kail separo dari besar mulut ikan.