-->

Senin, 10 April 2017


Jadwal Pelaksanaan Terbaru UNBK Tahun 2017 dan Kendala UNBK
 - Memasuki bulan maret dan april saatnya pelaksanaan ujian nasional tiba. Ujian nasional ini dilaksanakan untuk peserta didik yang telah duduk di tingakt paling tinggi di setiap jenjang pandidikan yaitu keas XI Untuk SMA/ SMK atau kelas IX untuk jenjeng SMP. Ujian tahun 2017 ini tersa lebih menarik karena palaksanaannya sebagain besar telah berbasis komputer sehingga disebut dengan UNBK. Dengan UNBK ini diharapkan ujian nasional dapat lebih efisiensi, mutu, reliabilitas, dan integritas dapat ditingkatkan.


Pada tahun 2017 ini pelaksanaan ujian diawali dengan Ujian sekolah berbasis komputer yaitu USBN pada bulan maret bagi jenjang SMA/SMK dan April bagi jenjang SMP. Setelah itu dilanjutkan dengan UNBK yang direncanakan akan dilaksanakan pada April - Mei 2017. Kemendikbud telah menetapkan jadwal UNBK untuk masing-masing jenjang seperti berikut ini :


Jenjang SMA/SMK/MA, Ujian Nasional dilaksakanakan pada tanggal 3-6 April 2017, sedangkan ujian nasional gelombang ke dua dilaksanakan pada tanggal 10-13 April 2017. Sedangkan mata pelajaran yang di ujiankan pada jenjang SMA adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. Sedangkanuntuk jenjang SMK adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.
Jenjang SMP, ujian nasional jenjang SMP dilaksakan pada tanggal 2, 3, 4, dan 15 Mei 2017, sedangkan untuk ujian gelombang dua dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 10, dan 16 Mei 2017. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang SMP adalah mapel matematika, mapel bahasa Indonesia, mapel bahasa Inggris, dan IPA.
Pelaksanaan UNBK tahun 2017 di jiadikan menjadi dua gelombang, hal ini memiliki tujuan agar peserta didik yang sekolahnya belum mampu melaksanakan UNBK secara mandiri dapat menggunakan komputer dan mengikuti UNBK di sekolah lain pada rayon terdekat. Dengan demikian tidak akan ada lagi pelaksanaan ujian nasional yang berbasis kertas dan seluruh sekolah dapat melaksanakan UNBK sesuai dengan arahan yang telah di berikan oleh kemendiknas.

Ujian Nasional merupakanujian kahir yang di selenggarakan tiap jenjang pendididkan pada sisiwa dengan tingkatan kelas paling akhir. Disebut sebagai ujian nasional karena ujian ini di laksanakan serentak secara nasional dengan jadwal dan mata pelajaran yang sma. Ada beberapa mata pelajaran yang diujiankan pada ujian nasional diantaranya adalah mapel bahasa indonesia, bahasa inggris, matematika dan kejuruan atau peimatan bagi jenjang SMA/SMK.

Ujian nasional kini lebih odern karena dilaksanakan dengan menggunakan perangkat komputer, dengan jaringan internet. Sehingga tidak lagi menggunakan soal dala bentuk kertas dan biasa disebut dengan UNBK atau Ujian Nasional Berbasisi Komputer. Ada berapa fakta menarik yang hadir seputar UNBK ini. berikut adalah beberapa diantaranya :


Waktu pengerjaan soal lebih cepat, dalam pelaksanaan UNBK waktu yang diperlukan oleh peserta ujian lebih cepat bila dibandingkan dengan ketika menggunakan kertas. Hal ini dikarenakan pada UNBK peserta tidak perlu lagi mengitamkan lembar jawaban dan menjaga kebersihan serta kelayakan lembar jawaban tersebut. Sehingga peserta ujian lebih fokus pada soal yang dsajikan.
Terdapat proktor dan teknisi tiap ruang ujian, Anda tidak perlu khawatir ketika hendak melaksanakan UNBK. Biasanya yng ditakutkan dalam menghadapi UNBK bukan hanya di soal ujin namun masalah teknispun menjadi kecemasan tersendiri bagi tiap peserta namun tidak usah khawatir karena dalam setiap ruang ujian terdapat proktor dan teknis yang bertugas untuk meastikan pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar tanpa ada masalah teknis.
Soal lebih kompleks dan beragam, dalam UNBK paket soal yan ada di setiap indiidu berbeda. setiap peserta akan mengerjakan soal yang berbeda. walaupun ada sola yang sama maka nomor dan optionnya akan acak sehingga sangat sulit untuk bekerja sama antara sesama peserta. Hal ini menyebabkan pelaksanaan ujian jauh lebih jujur.
Itulah beberapa faktu menarik yang dapat Anda rasakan dalam UNBK. Sehingga tidak perlu khawatir dalam menghadapai UNBK karena teah dipersiapkan dan di perhitungkan dengan matang oleh penyelenggara ujian tersebut (af/mb)



Baca Artikel Terkait: