Ramuan Umpan Mancing Ikan Air Tawar

Ramuan Umpan Mancing Ikan Air Tawar

 Mancing ikan di air tawar termasuk sangat mudah dilakukan. Mancing ikan air tawar bisa dilakukan di suangai, kolam, rawa dan bahkan bisa jadi di selokan atau saluran air. Untuk umpan mancing jenis ikan air tawar banyaklah jenisnya yang bisa kita gunakan. Misalnya saja kita bisa menggunakan umpan cacing, pelet, kroto, jangkrik, udang atau lainnya sesuai dengan jenis ikan yang akan kita pancing. Namun agar mancing bisa cepat dapat banyak ikan, tidak jarang para pemancing membuat ramuan umpan sendiri dengan campuran bahan-bahan tertentu yang diramu sehingga menghasilkan umpan jitu yang dapat menghasilkan banyak ikan.

Berikut salah satu tips cara membuat umpan untuk mancing ikan air tawar yang bisa dicoba:

    Parutlah jagung yang tidak terlalu tua, atau bisa juga dengan cara diblender, kemudian tambahkan mentega. Setelah itu kukus kedua bahan tersebut sampai matang.

    Angkat kukusan tersebut, lalu dinginkan. Setelah dingin dan sekiranya siap, tambahkan essen dan aduk sampai rata. Untuk aroma essen yang bisa dipakai misalnya essen rasa nangka atau duriann. Agar lebih baik lagi, ramuan bisa dicampur dengan menambahkan telur bebek atau belut kukus yang sudah di bersihkan tulang dan isi perutnya.

    Agar umpan yang dibuat nanti tidak terlalu lembek, maka tambahkan ubi (bisa ubi madu atau cilembu lebih baik) yang sudah dikukus. Selanjutnya tambahkan mie instan kering yang sudah dihaluskan, untuk lebih meliatkan adonan tadi.

    Umpan sudah siap digunakan. Bila ada, anda bisa menambahkan kroto (telur semut ) agar umpan lebih menarik minat ikan.

OK. Selamat mancing dan semoga dapat ikan yang banyak.