Persiapan Peralatan dan bahan Kue Kering


Persiapan Peralatan dan bahan baku

Siapkan semua peralatan sesuai kebutuhan. Gunakan loyang khusus kue kering yang berdinding rendah.

Pilih bahan baku berkualitas baik karena sangat memengaruhi rasa, aroma, dan penampilan kue.

Khusus untuk tepung, gunakan tepung terigu protein rendah yang cocok untuk membuat kue kering renyah. Tepung terigu berprotein rendah baik digunakan untuk membuat kue kering yang resepnya memerlukan lemak (mentega atau margarin) dan telur yang tinggi. Tepung terigu berprotein rendah tidak membentuk gluten sehingga kue menjadi renyah.

Agar adonan tetap lembut dan mudah tercampur rata, ayak bahan kering seperti tepung terigu, baking powder, atau soda kue jika perlu, gula bubuk, dan garam. Kocok mentega atau margarin dengan gula asal rata, kira-kira 3 menit. Pengocokan yang terlalu lama akan membuat lemak meleleh dan kue akan melebar saat dipanggang.

Jangan memasukkan bahan kering ke dalam adonan mentega sekaligus. Bagi menjadi tiga tahap, dan aduk rata setiap tahap dengan menggunakan sendok kayu atau pisau pastry dengan gerakan perlahan agar kue tidak menjadi keras.

Perhatikan waktu dan suhu pemanggangan. Sekalipun sudah diatur, sebaiknya cek sesekali. Karena, terkadang posisi pemanggang juga berpengaruh pada tingkat kematangan.

Proses pematangan kue masih berlangsung, meski kue telah keluar dari oven. Karena itu, kue kering baru matang sempurna setelah betul-betul dingin.

Nah sekarang inilah 20 resep kue kering yang pas untuk lebaran atau acara lainnya karena mudah membuatnya, relatif murah bahannya dan tentu saja mewah rasanya….

Selamat mencoba....

0 Response to "Persiapan Peralatan dan bahan Kue Kering"

Posting Komentar