Performa Luna V vs Oppo F1s! Pilih Mana?

Tersiar kabar sudah dirilisnya Android berkelas dengan merk baru. Luna V adalah produk yang dimaksud. Kabar tersebut adalah realitas dalam dunia teknologi saat ini. Kehadiran Luna V di kancah teknologi ini merupakan hal yang menggemparkan, karena ada rasa baru di dalamnya. Performanya yang mampu bersaing dengan merk sekelasnya, Oppo, menjadikan konsumen bingung dalam menentukan pilihan. Persaingan ini terlihat dari segi komponen, performa, hingga harganya.

Kualitas yang hampir sama mengarahkan adanya dua pilihan yang ketat. Mana yang harus dipilih? Bagaimana cara menghadapi trade off ini? Beberapa ulasan berikut ini menjadi titik terang bagi Anda untuk menentukan pilihan gadget berkualitas dan berkelas, baik dari segi desain, maupun performa.

Desain

Dari segi desain, kedua produk yaitu Luna V dan Oppo F1s mempunyai kedudukan yang seimbang. Keduanya terbuat dari bahan full metal yang menjadikannya anti gores dan tahan lama. Selain itu, permukaan yang compact dan nyaman saat digenggam, dapat ditemukan pada setiap gadget tersebut. Layar sentuhnya sama-sama mempunyai ketajaman dan kepekaan yang sebanding. Dari segi warna, Oppo F1s hadir dengan berbagai varian warna, sedangkan Luna V hadir berbalut kelir silver dan gold, namun tetap mewah berkelas.

Resolusi dan Kerapatan

Mengenai resolusinya, Luna V mempunyai resolusi sebesar 1080 x 1920 pixels, sedangkan Oppo F1s mempunyai resolusi sebesar 720 x 1920 pixels. Dari segi kerapatannya, Luna V memiliki 401 ppi dan Oppo F1s memiliki 267 ppi. Dengan demikian, resolusi dan kerapatan Luna V unggul dibandingkan Oppo F1s. Meski demikian, tetap hati-hatilah dalam penggunaan smartphone agar performanya terjaga.

Software dan Hardware

Beralih ke perangkat inti, yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Kedua produk tersebut adalah ponsel pintar berbasis Android. Dari segi sistem operasinya, Luna V mempunyai OS Android v 6.0 Marsmallow dan Oppo F1s mempunyai OS Android v 5.1 Lollipop. Selanjutnya, chipset Snapdragon 801 telah dimiliki Luna V, sedangkan Oppo masih bertahan dengan chipset Mediatek MT6755. Kelengkapan CPU Quad Core adalah fasilitas milik Luna V dan pesaingnya masih setia dengan Octa Core. Luna V dengan GPU Adreno 330 memberikan manfaat lebih dari lainnya. Meskipun demikian, kapasitas RAM keduanya sama, sehingga sebanding dari segi RAM.

Kamera

Dari segi kamera, kedudukan Oppo F1s lebih unggul dalam hal pixel. Pasalnya, walau oppo dengan pixel yang tinggi, Luna v tidak kalah dalam hal kualitas gambar, karena Luna v mempunyai kualitas yang real. Selain itu, resolusi kamera depan yang lebih tinggi sudah dimiliki Oppo F1s.
Untuk kamera belakang, keduanya sebanding karena sama-sama mempunyai 13 MP namun tetap saja Dalam hal kualitas Luna V unggul karena gambar yang di hasilkan terlihat lebih real. Adapun layanan screen flash yang menambah performanya. akan tetapi, ada fitur Dual LED Flash Luna V dapat bersaing dengan LED Flash milik Oppo F1s.

Baterai

Mengenai baterai, Oppo F1s mempunyai jenis baterai lebih unggul, yaitu baterai Li-Po 3075 mAh. Luna V mempunyai jenis batera Li-Ion 3000 mAh. Dari segi kecepatan charging, Luna V mempunyai kemampuan fast charging, sedangkan Oppo F1s tidak memilikinya.

Persaingan terjadi pada 5 aspek tersebut. Luna V dan Oppo F1s berasal dari kelas yang sama, sehingga kemampuannya pun hampir sama. Setelah membaca ulasan tersebut, tentunya terdapat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk. Secara desain, LUNA V lebih elegant dengan bahan yang berkualitas tinggi. Dari segi yang lain, keduanya juga hampir seimbang. Meskipun demikian, Luna V mempunyai pencahayaan kamera yang baik, sistem Android yang lebih upgrade, serta fast charging pada baterai, sehingga dapat meningkatkan kinerja smartphone.