Akibat Memakai Smartphone Dalam Durasi Yang Lama


Siapa sangka, ternyaya ada banyak akibat memakai smartphone terlalu sering dalam durasi yang lama. Mata tegang merupakan salah satu efek yang paling dominan dialami manusia. Karena layar smartphone cukup besar dan mengeluarkan sinar tertentu dalam beberapa kapasitas, maka mata yang seharusnya tidak digunakan untuk melihat layar terlalu lama akan menjadi tegang. Otot – otot mata terus bekerja agar bisa fokus. Sementara otak sudah tidak bisa lagi menampung dan mengonversikan informasi yang diterima menjadi kesatuan bulat.
Akibat memakai smartphone yang diawali mata tegang akan menjadikan seseorang mempunyai masalah pusing atau pening kepala. Masalah pusing terjadi karena otot mata yang menggerakkan bola mata dan yang berhubungan dengan otak semakin tegang dari waktu ke waktu. Tidak hanya itu, proses scrolling yang cepat juga membuat mata harus bekerja ekstra agar tetap fokus.
Jika dibiarkan terus dan tidak mengubah kebiasaan, maka mata bisa menjadi juling. Juling adalah salah satu gejala dari terjadinya masalah di otot mata secara permanen. Hal ini mengakibatkan mata tidak bisa fokus dan penglihatan menjadi baur.
Selain berakibat utama pada mata dan kepala, akibat memakai smartphone lainnya juga akan terlihat pada kerutan di wajah. Hampir semua orang menatap layar smartphone dengan sedikit mengerutkan bagian kelopak mata karena intensitas cahaya yang masuk ke mata. Jadi, bagian area mata tersebut akan lebih cepat keriput dibanding bagian lainnya. Selain itu, karena memakai smartphone terlalu sering, sesroang bisa lebih jarang berolahraga. Hal ini akan mengakibatkan fungsi otot di badannya menjadi kendur.

Otot badan yang kendur karena kurang olahraga akan sangat bisa membuat seseorang menjadi osteoporosis. Selain itu, banyak wanita atau pria dewasa terlihat lebih tua dari usianya, misalnya mengalami kebotakan atau rambut yang mulai beruban. Hal ini juga dipengaruhi oleh penggunaan smartphone yang terlalu lama. Sistem berpikir dan kesiapan otak dalam menerima informasi yang terbatas dipaksakan sedemikian rupa sehingga lama – kelamaan akan berpengaruh menjadi kebotakan permanen atau rambut mudah menjadi uban. Hal ini sudah terjadi beberapa tahun terakhir di negara manju dunia.

0 Response to "Akibat Memakai Smartphone Dalam Durasi Yang Lama"

Posting Komentar