Siasat Jitu Agar Tak Mendapatkan Surat Tilang Saat Mengemudi

Mendapatkan surat tilang saat berkendara memang membuat pengemudi menjadi repot. Karena nanti harus mengurus proses tilang tersebut ke pengadilan hingga tuntas. Jadi, kita wajib menjadi pengemudi yang lebih cermat dan taat peraturan. Supaya terhindar dari risiko tilang oleh polisi.
Jangan panik dulu bila kita diberhentikan oleh polisi saat sedang mengemudikan mobil. Lakukan saja beberapa siasat jitu ini agar tidak mendapatkan surat tilang:



Tangan Harus Tetap Berada di Kemudi
Ketika polisi memberikan isyarat untuk berhenti, kita harus tetap tenang. Posisi tangan mesti tetap berada di kemudi. Supaya polisi tidak berpikir kalau kita sedang menyembunyikan sesuatu. Tunjukkan ekspresi yang santun sembari mengikuti arahan polisi untuk menepi di jalan.

Konsentrasi Penuh Saat Berkomunikasi dengan Polisi
Sewaktu berbicara dengan polisi, kita harus melakukannya secara fokus. Matikan radio, musik, atau alat komunikasi lainnya. Jangan pula sibuk berbicara dengan penumpang di dalam mobil. Kita harus menunjukkan bahwa kita adalah seorang pengemudi yang sopan dan berusaha patuh pada aturan.

Meminta Maaf atas Kekeliruan yang Sudah Dibuat
Kemungkinan besar kita diperintahkan berhenti karena melakukan kelalaian, misalnya salah memilih lajur jalan, tidak menyalakan lampu, tidak memakai sabuk pengaman, dan kesalahan lainnya. Hal ini membuat kita harus berbesar hati dan mengakui kesalahan. Ucapkan kata maaf kepada polisi dan berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan ini lagi. Hindari perdebatan panjang dengan nada tinggi yang bisa membuat polisi kesal dan akhirnya mengeluarkan surat tilang.

Jangan Ragu Menunjukkan Kelengkapan Identitas
Tak perlu takut menunjukkan kelengkapan identitas yang diminta polisi. Segera keluarkan kelengkapan identitas sambil berusaha minta maaf dan membujuk polisi. Karena polisi yang ingin melihat kelengkapan identitas tak selalu berniat mengeluarkan surat tilang.


Selain kemampuan mengemudi yang baik, kita juga harus selalu siaga dengan asuransi mobil all risk untuk melindungi mobil kita. Ketahui apa asuransi mobil all risk supaya kita bisa menentukan pilihan yang tepat. Bukan hanya asuransi mahal yang bisa memenuhi semua kebutuhan kita. Kini banyak asuransi mobil berkualitas yang preminya terjangkau dan cocok dengan kebutuhan kita. Sudah waktunya kita teliti saat mengemudi serta cermat memilih asuransi mobil terbaik.