Soal Relationship dengan Teman Memburuk, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Memperbaikinya

Banyaknya teman yang hadir dalam hidup kita menandakan bahwa kita berhasil menjadi makhluk sosial. Hal ini Sebagaimana teori makhluk sosial dalam banyak artikel relationship menyatakan manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan dari manusia lain. Namun sering kita tidak menyadari dalam setiap tindakan atau bahkan perkataan kita sering menyakiti hati teman kita. Inilah salah satu penyebab renggangnya hubungan kita dengan teman. Jika kamu mengalami hal demikian, maka tidak ada salahnya mempraktekkan 5 hal berikut ini yang dapat memperbaiki hubunganmu dengan teman tercinta



1.   Hilangkan Gengsi Untuk Meminta Maaf Kepadanya
Ketika anda mengetahui perubahan sikap teman terhadapmu yang tak lagi seperti biasanya, maka cari tahu apa sebabnya terlebih dahulu. Mungkin perubahan sikapnya tersebut akibat kesalahan yang kamu perbuat kepadanya. Meski penilaianmu terkait perbuatanmu yang salah dimatanya berbeda denganmu, namun tetaplah akui bahwa itu suatu kesalahan. Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki perspektif yang berbeda, bisa saja hal yang menurutmu benar dalam pendangan temanmu bisa jadi salah.

Oleh karena itu mengalah dalam mengakui kesalahan sangat dianjurkan. Kemudian hal bijak yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan dengan teman adalah meminta maaf secara tulusatas kesalahan yang telah kamu lakukan. Tepis rasa gengsi yang mendera karena gengsi meminta maaf menandakan bahwa kamu adalah orang yang egois dan sombong. Tidak ingin kan memiliki kedua sifat buruk itu, maka lakukan hal ini.

2.    Menyapanya Terlebih Dahulu
Jika kalian berada dalam lingkungan yang mengharuskan bertemu secara intens, hal satu ini dapat kamu praktekkan. Berat sih memang, harus memulai menyapa kepada seseorang dengan perasaan yang tak enak. Apalagi jika sapaan kita tidak diindahkan, aduh sakitnya seperti hati tersayat. Namun tidak ada salahnya kan, toh kamu sudah memulai dengan hal yang baik. Menurut islampun menyapa (salam) terlebih dahulu bernilai pahala yang besar dibandingkan menjawab sapaan (salam).

3.   Menjalin Komunikasi Seperti Biasanya
Salah satu ciri yang menandakan bahwa hubunganmu dengan teman memburuk adalah memburuk pula komunikasi yang terjalin antara kalian. Apalagi kalau sedang marahan, boro-boro ngajak ngomong, menatap wajah satu sama lainpun malasnya tak terkira. Sebagai manusia yang bijak tentunya kamu tidak ingin kan hubungan tidak sehat ini terus berlangsung.

Oleh karena itu cobalah hal ini, dengan menjalin komunikasi dengan teman seperti basanya. Kamu bisa awali percakapan baik langsung maupun tidak langsung (via sms/media sosial) dengan temanmu dengan sapaan atau sekedar tanya kabar. Dengan rutin melakukan hal ini, saya yakin teman anda pasti akan luluh dan hubunganmu dengannya akan membaik.

4.   Berfikir Positif
Jika ketiga cara yang telah disampaikan di atas tetap tidak meluluhkan hati temanmu, maka cara bijak ini dapat kamu lakukan. Ya, berfikir positif. Tanamkan dalam fikiranmu bahwa apa yang dilakukan temanmu dengan mendiamkan kamu adalah salah satu pembelajaran yang harus kamu terima. Atau sikap diam dan menjauhnya temanmu itu merupakan salah satu reaksi bahwa dia memiliki masalah lain yang mengharuskan dia berkonsentrasi dalam menyelesaikan masalah dan mengabaikanmu.

Jika kamu rasa penyebab buruknya hubunganmu dangan teman adalah pada masalah yang kedua, maka sebagai teman yang baik harusnya kamu membantunya dalam menyelaikan masalah tersebut. Namun harus diingat bantuan yang kamu berikan diperbolehkan, sepanjang apa yang kamu lakukan tidak menyebabkan permasalahan baru baginya.

5.   Berdo’alah
Jika semua usaha yang telah dibahas di atas telah kamu praktekkan dan kurang menuai hasil yang diharapkan, cara terakhir dari ini semua adalah dengan berdo’a kepada Tuhan. Mintalah kepada-Nya jalan keluar agar permasalahmu dengan teman diselesaikan dan dikembalikan seperti sedia kala. Dengan Intens berdoa, dengan izin-Nya saya yakin hubungan pertemananmu akan kembali baik seperti dahulu.


Itulah 5 hal yang dapat kamu lakukan jika hubungan pertemanan kalian sedang memburuk, selamat mencoba tips artikel relationship di atas dan semoga berhasil.