Tips Liburan Singkat di Bogor Supaya Lebih Maksimal


Tempat wisata menarik di Jawa Barat bukan cuma ada di Bandung, Garut, Tasik, atau Pangandaran saja. Di Jawa Barat juga ada Bogor yang punya sejuta pesona. Di Kota Hujan ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sejuk, serunya bermain di kebun raya, atau cuma sekedar mengelilingi kota Bogor yang unik. So, kota ini jadi tempat yang tepat untuk menghabiskan momen liburan bersama keluarga atau teman-teman.

Tapi kalau kamu cuma punya waktu libur yang singkat, jangan datang ke Bogor tanpa persiapan apa-apa supaya masa liburanmu terasa lebih berkesan. Untuk itu, kamu perlu menyimak beberapa tips tentang cara agar liburan yang singkat di Bogor menjadi lebih maksimal berikut ini:

Tetapkan Tujuan
Di Bogor, ada banyak tempat wisata dengan pemandangan yang super epic. Tapi kalau kamu cuma punya waktu yang singkat, lebih baik kamu tetapkan satu atau beberapa tempat wisata yang jaraknya berdekatan saja. Lalu, kamu habiskan waktu sepuasnya di tempat tersebut. Kalau kamu ingin mendatangi lebih banyak tempat, yang ada justru waktu kamu akan habis di perjalanan. Ini karena Bogor termasuk daerah dengan populasi kendaraan yang cukup tinggi aik di pusat kota atau pun di kawasan wisata. Apalagi jika kamu pergi ke Bogor saat akhir pekan. Selain itu, kamu juga harus memikirkan jarak tempuh kalau ingin pergi ke semua tempat wisata yang ada di Bogor. Jadi, coba searching tempat wisata paling menarik dan sesuai keinganmu terlebih dahulu, lalu habiskan waktu lebih banyak di tempat tersebut daripada harus pergi ke banyak tempat tapi hanya bisa menikmatinya sebentar saja.

Pilih Hotel yang Paling Dekat Dengan Pusat Wisata
Setelah menentukan tempat wisata yang ingin dituju, cobalah cari hotel di Bogor  yang letaknya berdekatan dengan tempat-tempat wisata yang ingin kamu datangi. Dengan begitu, waktu yang kamu punya tidak akan habis di perjalanan. Apalagi kalau kamu memesan hotel di situs Reservasi.com, kamu bisa dapat Promo hotel murah dengan penawaran harga terbaik.

Hindari Liburan Saat Long Weekend
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata di Bogor akan sangat macet di hari libur, terutama saat long weekend. Sangking macetnya, polisi pun sampai harus menerapkan sistem buka-tutup jalan supaya bisa mengurai kemacetan. Bahkan perjalanan dari Jakarta ke kawasan wisata seperti Puncak saja bisa menghabiskan waktu lebih dari setengah hari. Jadi, pilihlah waktu liburan saat hari kerja. Risikonya, kamu harus mengajukan cuti terlebih dahulu supaya bisa berwisata di Bogor di luar hari libur. Namun, jangan sampai kamu bolos kerja hanya karena ingin berwisata ke Bogor saat hari kerja. Kalau kamu pergi ke Bogor di hari kerja, hindari juga perjalanan saat jam masuk kantor dan anak sekolah karena lalu lintas di perkotaan akan lebih padat di waktu-waktu seperti ini.

Pelajari Rute Angkutan Umum di Kota Bogor
Kalau kamu ingin jalan-jalan di pusat kota tanpa membawa kendaraan pribadi, lebih baik pelajari dulu angkutan umum apa saja yang bisa mengantarmu ke tempat tujuan. Ini karena moda transportasi yang beroperasi di Bogor jumlahnya sangat banyak, terutama angkutan perkotaan alias angkot. Makanya, Bogor pun sering dijuluki sebagai ‘Kota Sejuta Angkot’. Kalau sampai salah memilih angkot, kamu malah akan dibawa ke tempat yang jauh dari tujuan yang kamu inginkan. Kalau sampai hal ini terjadi, tentu akan banyak waktu yang terbuang secara percuma.

Membawa GPS dan Car Charger
Lain halnya kalau kamu jalan-jalan di pusat kota dengan membawa kendaraan pribadi. Kamu hanya perlu alat penunjuk jalan berupa GPS atau Google Maps. Teknologi ini sangat berguna untuk mencari rute terbaik menuju tempat wisata yang kamu inginkan. Namun kalau teknologi ini dipakai terus menerus, baterai smartphone kamu pun akan semakin cepat habis. Jadi, siapkan juga alat pengisi daya yang bisa dihubungkan ke mobil supaya baterai handphone-mu bisa selalu terisi. Selain itu, kamu juga harus punya kuota internet yang cukup untuk menggunakan alat penunjuk jalan ini.

Membawa Pakaian Hangat

Jangan remehkan cuaca di Bogor, khususnya di kawasan puncak yang bisa sangat dingin. Jadi, pastikan kamu selalu membawa pakaian hangat kalau ingin berkunjung ke tempat ini agar bisa lebih leluasa untuk beraktifitas di luar ruangan, khususnya saat malam hari. Bogor itu termasuk daerah yang aktifitas wisatanya cukup aktif di malam hari. Sayang sekali kan kalau kamu hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan kalau suhu di Bogor sedang sangat dingin. Jangan lupa juga membawa payung atau jas hujan sebagai antisipasi jika terjadi hujan mengingat Bogor adalah kota dengan intensitas hujan yang cukup tinggi.