Peralatan Diving yang Dibutuhkan untuk Menyelam



Laut dan pantai merupakan tempat favorit banyak orang dimana bisa untuk melakukan banyak olahraga air di tempat tersebut. Seperti diving, surfing, banana boot, berenang, snorkeling, dan masih banyak olahraga lainnya yang ada. Anda bisa untuk memilih berbagai peralatan sesuai dengan olahraga air yang dilakukan. Dimana apabila ingin diving tentunya akan membutuhkan peralatan yang berbeda ketika hanya snorkeling dan olahraga air lainnya. Diving merupakan kegiatan menyelam di bawah laut dengan kedalaman tertentu dan dalam waktu tertentu sehingga membutuhkan peralatan diving tertentu. Dimana beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk diving tersebut adalah:

  1. Baju selam
Peralatan pertama yang harus disiapkan untuk baju selam khusus yang akan digunakan untuk diving. Anda bisa untuk menggunakan baju khusus karena akan masuk ke dalam laut dalam kedalaman tertentu. Sehingga membutuhkan baju yang akan membuat tetap hangat dan merasa nyaman di kedalaman laut. Anda bisa untuk menggunakan baju renang khusus akan tetapi mempunyai kualitas yang terbaik sehingga dapat nyaman ketika melakukan diving di bagian dasar laut tersebut. Pilihlah baju selam yang panjang dan dapat untuk melindungi tubuh dengan sempurna sehingga tidak kedinginan apabila terkena air laut yang dingin.

  1. Tabung oksigen
Peralatan diving yang harus dibawa dan membedakan alat yang satu ini dengan yang lainnya adalah tabung oksigen. Dimana Anda harus membawa tabung oksigen ini untuk stok udara di dalam air. Sehingga bisa untuk tetap bernafas dengan normal walaupun berada di kedalaman tertentu. Alat ini sangat penting karena menjadi alat penentu yang bisa untuk mengingatkan waktu ketika menyelam. Anda bisa untuk menggunakan alat diving yang satu ini sebagai pengukur dan harus naik kembali ke atas apabila oksigen sudah akan habis. Oleh karena itulah penting untuk melakukan diving bersama rombongan sehingga bisa menjadi pengingat waktu ketika melakukan penyelaman. Selain tabung oksigen, berbagai alat yang dibutuhkan untuk menyelam adalah pelengkap dari tabung oksigen tersebut.

  1. Kacamata atau masker
Alat selanjutnya yang dibutuhkan untuk diving adalah kacamata diving atau yang disebut juga dengan masker. Peralatan ini mempunyai perbedaan dengan kacamata renang biasanya karena ukurannya yang lebih besar dan menutupi mata dan hidung dengan sempurna. Hal tersebut untuk membuat pandangan lebih jernih dan juga untuk tetap nyaman dibawah kedalaman laut karena tekanan air yang sangat besar.

  1. Fins
Merupakan alat selanjutnya yang harus dipilih dan digunakan untuk menyelam di bawah laut. Alat ini merupakan kaki katak yang digunakan ketika menyelam atau diving. Dengan menggunakan alat ini, akan lebih mudah untuk mengayun kaki dan juga tenaga yang akan dikeluarkan akan lebih kurang sehingga akan lebih menyelam dengan lebih mudah dan tidak mudah capek. Alat ini juga bisa untuk melindungi kaki dan membuat kaki tetap nyaman ketika berada di bawah air.


Peralatan diving tersebut harus dipakai ketika melakukan penyelaman di bawah laut sehingga dapat aman. Adapun untuk mendapatkan peralatan tersebut bisa untuk menyewa dari tempat diving yang akan diikuti sehingga tidak perlu untuk membawa sendiri. Akan tetapi apabila Anda memang mempunyai hobi menyelam bisa untuk membeli alat tersebut. Baik dari toko yang menjual alat diving dengan berbagai model dan juga merek. Atau bisa membeli di situs belanja online atau di toko online terpercaya untuk mendapatkan alat diving yang lengkap dan harga yang bersaing.