-->

Sabtu, 21 Januari 2023

AC atau air conditioner merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih adem dan tidak panas. Sehingga Anda akan merasa nyaman ketika berada dalam suatu ruangan tersebut karena menggunakan AC yang membuat ruangannya tetap dingin. Untuk memasang AC tersebut Anda harus membelinya terlebih dahulu yang bisa untuk mendinginkan suatu ruangan dengan efektif. Ketika akan membeli ac tersebut ada banyak hal yang bisa diperhatikan seperti dengan membeli ac hemat listrik.

Dengan memilih ac yang hemat listrik seperti jenis ac inventer maka akan banyak keuntungan yang didapatkan. Seperti akan lebih murah untuk pembayaran tagihan listrik perbulannya atau juga lebih murah ketika akan mengisi pulsa listrik token Anda. Sehingga dengan begitu Anda bisa untuk mendapatkan keuntungan dengan menghemat pengeluaran pembayaran listrik. Walaupun pada awalnya untuk mendapatkan ac yang hemat listrik tersebut akan membutuhkan uang yang lebih banyak. Karena pada umumnya jenis ac hemat energi yang akan di pasaran dibandrol dengan harga yang lebih tinggi daripada jenis ac biasanya. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin tetap berhemat tetapi mempunyai jenis ac yang belum inverter bisa untuk menggunakan beberapa tips yang tetap dapat membuat pengeluaran listrik lebih murah. Beberapa tips terbaik yang bisa digunakan untuk menggunakan ac yang lebih hemat listrik tersebut adalah dengan:


  1. Tidak menyetel suhu AC dibawah 22 derajat
Tips terbaik pertama untuk membuat ac hemat listrik adalah dengan menyetel suhunya dengan suhu yang tepat. Dimana suhu terbaik yang digunakan untuk ac adalah di atas 22 derajat sehingga akan lebih hemat energi. Biasanya banyak orang yang lebih suka untuk menyetel suhu dingin yaitu sekitaran 16 derajat sehingga diharapkan lebih cepat dingin. Padahal hal tersebut merupakan salah satu hal yang dapat untuk membuat suhu ac akan lebih boros. Karena apabila menyetel suhu ac di bawah 22 derajat otomatis suhu ac akan mendeteksi ruangan yang tidak bisa berada pada suhu 16 derajat. Sehingga terjadi masalah dan membuat compressor ac mengalami masalah.

  1. Memilih ac dengan pk yang sesuai
Tips selanjutnya untuk mendapatkan ac yang hemat energi adalah dengan memilih ac yang mempunyai pk yang tepat. Ada banyak jenis pilihan pk yang ada pada ac dari ½ pk, 1 pk, 2 pk, dan juga lainnya. Dengan memilih pk yang tepat maka bisa untuk membuat biaya yang harus dibayarkan untuk pembayaran listrik di rumah atau kantor yang menggunakan ac pada ruangannya akan lebih hemat. Sehingga ketika akan membeli ac baik di toko online atau offline sebaiknya pilih pk ac yang tepat.

  1. Melakukan perawatan ac rutin
Tips selanjutnya untuk ac dapat bekerja secara efektif adalah dengan melakukan perawatan rutin. Seperti dengan melakukan pencucian ac yang Anda gunakan. Sehingga hal tersebut untuk membuat komponen ac dapat berfungsi secara efektif. Lakukan pencucian ac tersebut minimal 3 bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Jangan langsung menyalakan ac ketika baru dimatikan

Dan tips terakhir untuk membuat ac hemat listrik adalah dengan menghindari menyalakan ac yang Anda punyai saat baru saja dimatikan. Karena hal tersebut dapat merusak kompresor apabila Anda menyalakan ac dan menghidupkannya kembali. Akan lebih baik untuk memberikan waktu beberapa menit sebelum akhirnya akan menyalakan ac kembali untuk mendapatkan suhu ruangan yang dingin dan hemat energi.



Baca Artikel Terkait: