-->

Minggu, 29 Januari 2023

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu. Sahabatku inilah diantara keistimewaan puasa: 

Pertama, Orang yang berpuasa dijanjikan Syurga, “Pintu Rayyan hanya diperuntukkan bagi orang-orang berpuasa, bukan untuk yang lainnya. Bila pintu tersebut sudah dimasuki oleh seluruh rombongan ahli puasa Ramadhan, maka tak ada lagi yang boleh masuk kedalamnya” (HR. Ahmad & Bukhari-Muslim). 

Kedua, Puasa menjadi benteng neraka, “Puasa merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad & Al Baihaqi). “Barangsiapa berpuasa satu hari demi di jalan Allah, dijauhkan wajahnya dari api neraka sebanyak (jarak) 70 musim” (HR. Ahmad, Bukhari-Muslim, & Nasa`i). Rasul menambahkan pula bahwa puasa yang berfungsi sebagai perisai itu layaknya perisai dalam kancah peperangan selama tidak dinodai oleh kedustaan dan pergunjingan (HR. Ahmad, An Nasa`i). 

Ketiga, Di akherat kelak, mulut orang berpuasa wangi, “Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih semerbak di sisi Allah dari bau minyak misk.” (HR. Abu Daud) 

Keempat, Mendapatkan kebahagiaan, “Orang yang berpuasa mempunyai dua kebahagiaan. Yaitu berbahagia kala berbuka dan kala bertemu Allah,”(HR. Muslim). 

Kelima, Menumbuhkan sifat taqwa. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”(QS Al Baqarah 183). 

Keenam, Orang berpuasa akan sehat, “Berpuasalah kalian, niscaya kalian akan sehat” (HR. Ibnu Sunni & Abu Nu`aim). 

Ketujuh, Ganjarannya tidak terhingga karena sabar. “Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu". orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS Az Zumar 10). 

Kedelapan, Dosa-dosanya diampuni, "Barang siapa puasa karena iman dan benar benar mengharapkan ridho Allah maka Allah ampuni seluruh dosa-dosanya yang lalu" 

Dan yang kesembilan, Doanya mustajab, ” Doa hamba berpuasa mustajab” ( HR Muslim).

"Allahumma ya Allah ampunilah seluruh dosa dosa kami, berkahi aktivitas Ramadhon kami, sehat afiatkan dalam melaksanakan amal ibadah selama Ramadhon, terimalah amal ibadah kami...aamiin".



Baca Artikel Terkait: