-->

Minggu, 29 Januari 2023

: “Tahukah kalian? Islam telah mengatur berbagai aspek kehidupan di dunia, termasuk menjunjung hak-hak kedua orang tua & berbuat baik pada keduanya. Kedua orang tua telah mendidik & membesarkan kita dgn susah payah. Tak sedikit keringat yg mengucur di tubuh mereka. Tak terhitung waktu yg telah terkuras di waktu siang & malam. Tak sedikit rasa pedih & perih yg harus ditahannya demi kebahagiaan anak-anaknya. Terkadang mereka harus menahan rasa lapar asalkan anak-anak kenyang. Mereka selalu mendahulukan kepentingan anak-anaknya di atas kebutuhan mereka sendiri.
.
Ibu adalah orang yg telah mengandung, melahirkan, serta memelihara & mengasuh kita dgn kasih sayang tanpa memikirkan untung & rugi. Sudah sepantasnya beliau harus dihormati. Bahkan sampai 3x Rasulullah SAW menekankan bahwa Ibu lebih berhak menerima penghormatan dari anak-anaknya. Ibu mengalami kesulitan dlm menghadapi masa hamil, kesulitan ketika melahirkan, & kesulitan pada saat menyusui serta merawat anak. Ketiga bentuk kehormatan itu hanya dimiliki oleh seorang Ibu, seorang Ayah tidak memilikinya. Namun bukan berarti Ayah tidak berhak dihormati, Ibu lebih utama, setelah itu barulah Ayah, setelah itu barulah orang lain.
.
“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada dua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, & menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku & kepada dua orang tuamu, hanya kepada Aku kembalimu.” (QS. Luqman: 14)
.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Sumber: Dr. Zakir Naik,
muslimah.or.id, & berbagai sumber
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -




Baca Artikel Terkait: